Ustadz Supriyanto Hadir Panggilan Bawaslu

161 views
banner 468x60)
Ustad supriyanto

Foto: Ustadz Supriyanto disumpah sebelum memberi keterangan di Gakumdu

KABARRAKYAT.ID – Ustadz Supriyanto hadir panggilan klarifikasi video viral di Bawaslu Banyuwangi. Pria asal Desa Kalibaru Kulon Kecamatan Kalibaru, ini mendapat 19 pertanyaan dari tim Gakumdu, Senin (18/3/2019).

Komisioner Bawaslu Banyuwangi Divisi Penindakan dan Penertiban, Anang Lukman menegaskan, pemeriksaan yang bersangkutan berlangsung singkat.

“Tadi pukul 10.00 WIB datang dan terus menjalani klarifikasi pukul 10.30 WIB,” ungkapnya.

Sebelum proses klarifikasi, tambah Anang, ustaz Supriyanto menjalani sumpah menggunakan kitab suci. Pemeriksaan digelar secara tertutup di ruang Ketua Bawaslu Banyuwangi, Hamim.

Baca juga:

“Ini merupakan klarifikasi kedua. Pertama kita panggil pelapor, Iskandar Zulkarnain, bersama satu saksi, Suherlan, yang berada di lokasi. Hari ini terlapor, ustadz Supriyanto, dengan saksi bernama Iwan. Total sudah empat orang dimintai klarifikasi,” urai Anang.

Iwan, merupakan pemimpin rombongan yang hendak kampanye ke sejumlah pasar di Kecamatan Kalibaru. Sebelum keliling pasar mereka singgah di masjid untuk shalat dzuhur.

“Supaya para simpatisan semangat ketika keliling pasar, Ustadz Supriyanto, diminta ceramah. Akhirnya peristiwa itu viral di media sosial,” sambung Anang.

Selanjutnya, Bawaslu menjadwalkan untuk memintai keterangan ahli. Ahli yang dihadirkan dari Universitas Jember.

“Biar ahli bahasa yang menentukan apakah ucapan ustaz bernada kampanye atau tidak. Itu yang nanti kita jadikan dasar untuk menentukan kasusnya memenuhi unsur pidana pemilu atau tidak,” tambahnya.

Reporter: DN/Choiri

Editor: Richard

banner 468x60)

#Bawaslu #Pemilu 2019 #video viral

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply