Bawaslu Kota Kediri Rakor Penyelenggara Pemilu 2019

242 views
Bawaslu Kota Kediri

Foto: Suasana Rakor Persiapan Pemilu di Kota Kediri.

KABARRAKYAT.ID – Bawaslu Kota Kediri Rakor Penyelenggaraan Pemilu 2019 melibatkan Panwascam, PPK, KPPS dan Panwaskel, bertempat di Hotel Lotus Kota Kediri, Kamis (11/4/2019).

Ketua Bawaslu Kota Kediri Mansyur,ST menjelaskan, Rapat Koordinasi kali ini mengundang dua penyelenggara Pemilu 2019 yang nanti bisa bersinergi dan bisa menyatukan Persepsj dalam pelaksanaan Pemilu pada 17 April 2019.

” Sehingga antara KPPS dan Pengawas TPS dilapangan dalam menentukan proses pemungutan suara sesuai regulasi dan menyamakan Visi.”tambah Mansyur, ST kepada kabarrakyat.id usai Rakor.

Divisi Teknis Komisioner KPU Kota Kediri Puspo Endah Palupi mengungkapkan, rapat koordinasi bersama dalam hal penyamaan persepsi tentang kegiatan pemungutan dan perhitungan suara di TPS.

“Ada beberapa hal sifatnya krusial kemudian menurut sudut pandang KPU dan Bawaslu, ternyata hampir secara keseluruhan bisa disamakan persepsinya,.” jelas Puspo Endah.

Puspo Endah  mencontohkan, misalnya pemilih yang sudah terdaftar di DPT yang pada saat datang di TPS harus membawa C 6 dan membawa KTP atau identitas lain.

“Pada saat pemilih hanya membawa C.6 saja apakah bisa, dalam hal ini terjadi kesepakatan kalau pemilih hanya membawa C.6 saja dan selama KPPS maupun pengawas TPS menyakini bahwa warga tersebut yang memegang C.6 hanya dia maka dia bisa menggunakan hak pilihnya,” jelas Puspo Endah.

Masih kata Puspo Endah,  seperti pemilih hanya membawa KTP saja dan sudah terdaftar di DPT juga bisa menggunakan hak pilihnya, dengan adanya Keputusan Mahkamah Konstitusi Nomor 20 Tahun 2019 terkait pemilih DPK pada saat Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2019 yang bisa menggunakan hak pilih untuk pemilih yang tidak terdaftar di DPT maupun DPTB, bisa menggunakan KTP dan sekarang juga bisa menggunakan Surat Keterangan (Suket) dari Dispendukcapil.

“Ada juga persamaan persepsi dalam hal pemungutan suara. Dicontohkan kalau ada pemilih yang memakai pakaian atribut peserta pemilu, maka diharapkan tidak digunakan. Sifatnya hanya himbauan saja, namun tidak dilarang,” tuturnya.

Ia menambahkan, yang tak kalah pentingnya, terkait salinan model C maupun C.1 yaitu berita acara pemungutan dan perhitungan suara, sertifikat perhitungan perolehan suara di TPS.

“Jadi, untuk peserta yang bisa mendapatkan salinan yaitu saksi dari peserta pemilu dan pengawas TPS,”Tambah Puspo Endah.

Reporter : Didik S

Editor : Choiri

#bawaslu kota kediri #kediri ok #Pemilu 2019

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply