Rabu, Januari 27, 2021
Beranda POLITIK PILKADA 2020 Bawaslu Trenggalek Beri Jempol Pihak Lain Cegah Money Politik

Bawaslu Trenggalek Beri Jempol Pihak Lain Cegah Money Politik

REPORTERRudi Sukamto

KABAR RAKYAT – Bawaslu Kabupaten Trenggalek, dalam menghadapi pelaksanaan Pilkada yang akan digelar 9 Desember 2020, sangat mengapresiasi pihak – pihak yang ikut berkomitmen dan membantu mensosialisasikan tolak politik uang.

Pernyataan itu disampaikan Achmad Rochani, SPi, Ketua Bawaslu Kabupaten Trenggalek, saat bertemu wartawan dikantornya, Jumat (27/11).

Rochani mengatakan pada dasarnya seluruh masyarakat Trenggalek mempunyai tanggung jawab yang sama, untuk menciptakan pilkada Trenggalek yang sehat dan berkualitas dengan cara ikut mematuhi prosedur pencegahan penyebaran covid 19 dan ikut sosialisasi pencegahan praktik politik uang ( money Politik).

Disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Trenggalek, pihaknya sangat berterima kasih apabila ada masyarakat, lembaga, atau komponen komponen masyarakat turut serta dalam mendorong Pilkada yang sehat dan berkualitas.

Sosialisasi tolak politik uang
Bawaslu Trenggalek

“Dengan cara turut serta melaksanakan sosialisasi untuk mentaati prosedur mencegah covid 19 dan membantu mengeliminer pencegahan praktik politik uang,” jelas Rokhani.

Menurut Rochani, apabila nanti ada orang yang kedapatan berbuat money politik ( politik uang) dalam pilkada kali ini, maka orang tersebut bisa kena sanksi pidana UU Pilkada.

“Apabila nanti ditemukan setiap orang yang mempengaruhi orang lain dengan iming iming uang untuk memilih atau tidak memilih, maka orang tersebut bisa kena sanksi pidana,” tegasnya.

Dalam Undang Undang Pilkada No 10 tahun 2016 sudah dijelaskan, bagi pemberi maupun penerima akan diberlakukan sanksi yang sama yaitu akan diberlakukan denda 1 milyar dan pidana penjara 6 Tahun penjara, pungkas Rochani.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca