Selasa, November 24, 2020
Beranda BERITA PENDIDIKAN Bekali KKN Mahasiswa UMS, Wagub Emil: Peran Mahasiswa Cegah Covid-19

Bekali KKN Mahasiswa UMS, Wagub Emil: Peran Mahasiswa Cegah Covid-19

Humasprov. Jatim

KABAR RAKYAT – Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak mengingatkan kepada seluruh mahasiswa akan pentingnya pencegahan virus corona (Covid-19) di lingkungan mereka. Pasalnya, melalui kesadaran mereka dinilainya sangat penting.

Apalagi pencegahan Covid-19 tidak hanya mengandalkan sanksi administrasi dan pidana bagi pelanggar protokol kesehatan, tetapi juga dibutuhkan sistem ketahanan masyarakat, maupun langkah promotif dan preventif di tengah-tengah masyarakat.

“Yang paling efektif adalah ketahanan masyarakat. Kita harus melengkapi dengan sistem ketahanan masyarakat. Inilah esensi dari upaya yang disebut promotif preventif,” kata Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak saat membuka dan melepas Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) Berbasis Domisili Tahun 2020 secara daring di Hotel Crown Victoria, Tulungagung, Kamis (6/8).

Karena itu, ia mengingatkan kepada insan perguruan tinggi, termasuk mahasiswa untuk ikut berperan aktif menangani Covid-19 lewat promotif preventif di masyarakat.

Apalagi peran tersebut sesuai pesan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy saat di Gedung Negara Grahadi Surabaya beberapa waktu lalu.

“Kita perlu memastikan dari hulunya. Jangan sampai masyarakat tertular Covid-19. Adik-adik mahasiswa dalam hal ini bisa ikut memberikan sosialisasi promotif preventif pencegahan Covid-19,” kata Mantan Bupati Trenggalek ini.

Wagub Emil pun memaparkan tiga prinsip peran serta mahasiswa dalam penanganan Covid-19 di Jatim, utamanya mendukung kampung tangguh. Mahasiswa bisa berperan pada aspek keamanan mahasiswa, kepedulian lingkungan, serta kontribusi terukur dan selaras.

Dalam keamanan mahasiswa, lanjutnya, yang terpenting para mahasiswa kondisinya sehat dan selamat dari Covid-19.

“Jangan karena kegiatan KKN ini, mahasiswa malah terpapar Covid-19. Karena itu kita tidak minta mahasiswa melakukan kegiatan yang riskan. Seperti berada di tempat-tempat yang penyebarannya tinggi. Jagalah kesehatan sebaik-baiknya,” pesannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca