Belasan Warga Hirup Gas Beracun Kawah Ijen

68 views
banner 468x60)

Korban keracunan sebagian dirawat di Puskesmas dan RSUD dr Koesnadi Bondowoso (Ft. Yons)

KABARRAKYAT.ID, BONDOWOSO – Belasan warga di dua dusun yang menetap sepanjang aliran sungai Kali Pahit, gunung Kawah Ijen, tepat di Dusun  Watu Capil dan Marga Ayu, Desa Plalangan Kecamatan Ijen, Sempol, Bondowoso Jawa Timur terkapar karena menghirup gas beracun diduga dari gunung Kawah Jjen.

Gas beracun yang diduga mengalir dialiran sungai Kali Pahit, ini menyebar ke Pemukiman warga. Untuk menghindari, terjadinya korban lebih banyak, warga di dusun Watu Capil dan Dusun Marga Ayu menyelamatkan diri menjauhi lokasi keracunan.

Baca juga :

Pantauan di lokasi kejadian, sudah ada belasan warga yang dievakuasi ke Puskesmas Ijen, Sempol. Petugas medis untuk sementara memberikan oksigen bantuan. Namun informasi terbaru kemungkina korban keracunan terus bertambah.

Saat ini, petugas Polsek Ijen, Sempok dan Tim Kesehatan Puskesmas sudah melakukan evakuasi warga yang terkapar dan warga yang lain ikut diungsikan di kantor Kecamatan Ijen, Sempol.

“Para pasien yang masuk saat ini, dalam kondisi sesak nafas dan dibutuhkan oksegen,” kata dr. Budi dari Puskesmas Ijen, Sempol.

Hingga saat ini, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso sudah dilaporkan kondisi terkini dan sedang melaju kelokasi kejadian. Petugas Kepolisian sudah mengarahkan agar masyarakat menjauh dari lokasi sungai yang tercemar racun. Hingga menunggu tim yang berkompeten untuk memeriksa dilokasi kejadian. Karena fasilitas sangat terbatas, para pasien yang masuk kategori berat langsung dievakuasi ke RSUD dr Koesnadi Bondowoso.

Hingga berita ini, belum ada keterangan resmi dari pos Pantau Kawah Ijen terkait status Gunung Ijen. Kawasan gunung Ijen selain menghampar di Bondowoso juga ada sebagian di Banyuwangi.

Reporter : Yons

Editor : Coi/Choiri

banner 468x60)

#bondowoso #kawahijen #keracunangas

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply