Kamis, November 26, 2020
Beranda JATIM BONDOWOSO Bencana Puting Beliung Menghempas Dua Desa

Bencana Puting Beliung Menghempas Dua Desa

REPORTERIfa Bahsa

KABAR RAKYAT – Dua desa di Bondowoso dihempas angin puting beliung, Minggu sore (25/10/2020). Kawasan bencana itu, Desa Sumber Anyar, Kecamatan Maesan dan Desa Sukosari Panggeng, Kecamatan Tamanan.

Kejadian alam ekstrim itu di awali hujan deras. Tak lama kemudian angin puting beliung berpusar membuat warga dari dalam rumah keluar selamatkan diri.

Pohon disekitar rumah warga tumbang menimpa fasilitas umum, musholah, dan tiang dan genting rumah warga runtuh. Demikian kesaksian Izra Tamaris, warga desa Sukosari Panggeng saat dihubungi awak media.

Baca : Bondowoso Waspadai Bencana Hidrometeorologi 

“Saya tak tahu jumlah pastinya (rumah rusak, red). Sekitar lima rumah gentingnya terbawa angin, ada yang terimpa pohon tumbang. Tempat ibadah musholah tak luput ditimpa pohon tumbang. Bahkan dapur rumah saya rusak ditimpa pohon durian,” ujar Izra Tamaris via sambungan seluler.

Izra menceritakan saat sebelum kejadian dirinya tengah di warung. Namun, hujan deras datang tiba-tiba diserta angin kencang. Semua warga histeris teriak menyebut nama Allah SWT sambil keluar rumah. “Saya melihat sendiri angin puting beliungnya itu. Kalau anginnya singkat hanya sekitar 1 menitan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Bondowoso, Kukuh Triatmoko membenarkan bahwa memang telah terjadi angin puting beliung. Namun dirinya belum memastikan jumlah kerusakan atau ada dan tidaknya korban. “Ini tim sudah ke lokasi. Saya belum bisa kasih komentar, karena masih turun,” pungkasnya.

Baca : Petugas Keamanan Gabungan Siaga di Pospam Objek Wisata

Pantauan di Kecamatan Maesan, Dusun Jatian, Desa Sumberanyar, data kerusakan bangunan, 1 unit rumah rusak berat, 1  rumah rusak ringan dan 1 warung kopi rusak ringan. “Total Kerugian (harta benda) sampai saat ini masih di identifikasi. Akan di informasikan lebih lanjut,”ujar Kukuh.

Untuk informasi,  upaya yang dilakukan adalah Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Bondowoso masih berkerja identifikasi kerusakan akibat bencana puting beliung.

“Saat ini sedang dilakukan penyisiran yang terdampak kerusakan akibat angin kencang dan puting beliung. Kemudian Melaporkan hasil identifikasi kerusakan . Dan BPBD bersama TNI, Polri, relawan dan masyarakat setempat melakukan kerja bakti pembersihan wilayah yang terdampak,” tutupnya.***

EDITORSetiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca