Berburu Hawa Dingin di Kawasan Hutan Burno

  • Whatsapp
Hutan Burno Lumajang

KABAR RAKYAT – Udara segar hutan Burno, di Desa Burno, Kec. Senduro, Kab. Lumajang dengan kondisi alamnya diburu komunitas dan pengunjung untuk menghilangkan penat di masa pandemi Covid-19. Selain menjadi tempat wisata alam dan tempat Selfi bagi pengunjung.

Nama hutan Burno sangat tidak asing warga Lumajang. Jika mendengar nama hutan Burno orang akan membayangkan udara dingin kawasan hutan. hijaunya daun serta tegaknya pohon damaran dan mahoni.

Read More

Beberapa waktu lalu, Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq beserta jajaran Forkopimda telah mendatangi hutan Burno yang masuk wilayah Desa Burno Kecamatan Senduro. Bertujuan melihat dari dekat potensi alam dan kerajinan tangan asli warga Desa Burno sekaligus menanam pohon vertiver (tumbuhan untuk menahan erosi).

Sutari Mandor Perhutani Hutan Burno mengungkapkan, untuk saat ini pengunjung yang berkunjung dikawasan hutan Burno sementara hanya bisa menikmati sejuk dan segarnya udara dan pemandangan alamnya. Selain itu, pengunjung bebas melakukan aktivitas dengan menggelar tikar sambil memasak.

” Kawasan hutan Burno ini ramai lalu lalang warga yang membawa rumput gajah buat ternak sapinya, seiring berjalannya waktu, kawasan hutan Burno ini sering didatangi komunitas, dan wartawan,” ungkap Sutari Mandor Perhutani Desa Burno Minggu (07/06).

Terpisah, Sutris (52) warga Lumajang salah satu pengunjung mengatakan, meski kawasan hutan Burno belum ada sarana dan prasarana penunjang bagi pengunjung, namun animo warga untuk datang ke kawasan hutan Burno.

Menurutnya, kawasan hutan Burno memang belum dikelola dengan baik, namun suasana alamnya yang menjadi perhatian banyak warga untuk mencari suasana alam.

“Lokasi kawasan hutan Burno yang berdempetan dengan akses jalan sangat mudah dijangkau oleh pengunjung dan pengunjung langsung bisa menikmati suasana sejuk dihutan Burno,” kata Sutris Minggu (07/06).

Masih kata Sutris, tidak dipungkiri jika hujan turun, banyak sampah dedaunan dan ranting serta lumpur menjadi satu memenuhi saluran pembuangan. Namun itu tidak menjadi masalah bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana alam. Dan tidak sedikit pengunjung lebih memilih foto bersama dan berselfi di kawasan hutan Burno.***

Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *