Thursday, September 24, 2020
Home HOT NEWS Berharap Bantuan, Ratusan Pelaku Usaha Mikro Kediri Rela Kepanasan Setor Berkas ke...

Berharap Bantuan, Ratusan Pelaku Usaha Mikro Kediri Rela Kepanasan Setor Berkas ke Kemenkop UKM RI

REPORTERJin
- Advertisement -

KABAR RAKYAT – Hari terakhir pengumpulan berkas pengajuan bantuan dari Kementerian Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah, Kemenkop UKM RI. Ratusan pelaku usaha mikro memadati gedung Bagawanta Bhari di Kabupaten Kediri.

Mereka harus antre di halaman gedung Bagawanta Bhari, untuk menunggu giliran masuk ke dalam gedung, guna menyerahkan dan mengumpulkan berkasnya, Selasa.

Ratusan pelaku usaha mikro ini mengajukan permohonan bantuan dari Kementerian Koperasi pusat, sebagai upaya pemerintah mendukung program pemulihan ekonomi nasional, yang terdampak pandemi COVID-19.

Baca: Sinergi Bersama Pemerintah, BPJAMSOSTEK Salurkan Bantuan Masker Kepada Pekerja

Karena banyak pelaku usaha mikro yang ingin antre duluan, petugas Kepolisian yang berjaga, beberapa kali harus memperingatkan warga agar selalu jaga jarak, dan menerapkan protokol kesehatan, mencegah klaster baru pandemi COVID-19 di dinas koperasi.

Salah-satu pelaku usaha mikro Mukaromah Iliawati mengaku, ia antre sejak pagi agar mendapatkan antrean di depan. Karena khawatir kantor dinas koperasi tutup, mengingat hari ini merupakan hari terakhir pengumpulan formulir permohonan bantuan.

“Antre sejak pagi mas,namun sama polisi tetap dihimbau untuk selalu jaga jarak dan menerapkan protokol kesehatan. Dan misalnya nanti dapat bantuan dari Kementerian Koperasi, akan kami pakai untuk usaha lagi serta menutup hutang, akibat usahanya menurun dampak pandemi COVID-19,” ujar Mukaromah saat antre di Gedung Bagawanga Bhari.

Sementara sekretaris dinas Koperasi usaha mikro Kabupaten Kediri Ibnu Imad mengatakan, pihaknya melaksanakan intruksi dari Kementerian Koperasi pusat, untuk mengumpulkan formulir permohonan bantuan para pelaku usaha mikro.

Baca: Komisioner KPK Berharap Peran Aktif Masyarakat Dalam Pemberantasan Korupsi

Hingga hari ini pihaknya sudah meng entri sekitar hampir 4000 pelaku usaha mikro ke Kementerian Koperasi UMKM pusat.

“Untuk mendapatkan bantuan dari Kementerian ini, para pelaku harus mengumpulkan surat ijin usaha, surat keterangan usaha dari desa dan kecamatan, foto copi KTP serta saldo terakhir di buku rekening” terang Ibnu Imad, saat melihat proses penerimaan berkas.

Seperti diketahui, jika pemerintah lewat, Kementerian Koperasi UMKM memberikan bantuan kepada sekitar 12 juta pelaku usaha mikro yang terdampak pandemi COVID-19, untuk mendukung program pemulihkan perekonomian nasional.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER