Senin, Januari 18, 2021
Beranda JATIM BANYUWANGI Peserta Seminar Entrepreneur Antusias Segera Praktek Ilmu Dunia Wirausaha di Banyuwangi

Peserta Seminar Entrepreneur Antusias Segera Praktek Ilmu Dunia Wirausaha di Banyuwangi

REPORTERChoiri/*
“Kharisma tanpa hati nurani dan kepintaran tanpa karakter adalah jalan untuk kegagalan ekonomi yang luar biasa besarnya”

KABAR RAKYAT – Sebayak dua ratusan muda mudi hadir sebagai peserta Seminar LEADERSHIP & NETWORKING Pelatihan Pemuda Preneur Leadership & Teamwork di Hotel Aston Banyuwangi, Kamis, 24 Desember 2020. Mereka sangat antusias ingin tahu kunci sukses tiga pengusaha Banyuwangi menjadi nara sumber seminar (Mas Dede, Mbak Icha, dan Mas Rindar).

Kegiatan seminar entrepreneur yang diinisiasi Yayasan Puspa Wangi Nusantara disemangati Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Banyuwangi menambah khasanah baru bagi pelaku dan calon usaha muda untuk lebih menggeliatkan sektor ekonomi di tengah pandemi COVID-19 yang belum usai.

Tetap disiplin protokol kesehatan yang ketat, ratusan peserta seminar lebih dulu cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, lalu petugas layanan hotel periksa suhu badan dengan Thermometer Gun Infrared sebelum regestrasi ulang agar bisa masuk dilokasi seminar dengan jarak kursi 1 meter masing-masing peserta disiapkan pihak Hotel Aston Banyuwangi.

Acara seminar entrepreneur dibuka oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Banyuwangi Zein Kastolani menggantikan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang berhalangan hadir. Dalam sambutannya Zein Kastolani terlihat antusias dengan banyaknya peserta hadir. Bahwa menandakan semangat orang Banyuwangi untuk berwirausaha semakin tumbuh besar.

Wirausaha
Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Banyuwangi Zein Kastolani antusias dengan banyaknya peserta hadir. Semangat orang Banyuwangi untuk berwirausaha semakin tumbuh besar.

“Ini bukti, bahwa pembangunan pemerintah Kabupaten Banyuwangi dirasakan oleh masyarakat khususnya para pesertaseminar Pelatihan Pemuda Preneur Leadership dan Teamwork. Terus berkembanglah diri anda untuk menjadi leadership yang handal bertanggung jawab, adil, komitmen dan visioner,” ujar Zein Kastolani Kadispora Banyuwangi di Hall Hotel Aston Banyuwangi, kemarin (24/12/2020).

Kesempatan itu, Zein Kastolani tidak kalah dengan tiga nara sumber juga memberi wawasan tentang upaya dan usaha seorang calon leadership muda peserta seminar. Di akhir sambutan, Kadispora Zein Kastolani ini menasehati peserta seminar dengan suguhan video unik tentang sebuah keberuntungan dalam mencari keuntungan atau uang dalam usaha.

“Meski sudah direncanakan dan dihitung dengan matang siasatnya. Tetapi harus diingat bahwa persaingan usaha satu dengan lainnya akan tetap ada. Seperti contoh video itu,” ungkap Zein Kastolani.

Alfian Sholeh Ketua Yayasan Puspa Wangi Nusantara menyampaikan, bahwa lembaga ini konsen Menciptakan Pelaku-Pelaku Wirausaha Muda, memiliki Gerakan Entrepreneur Naik Kelas, dan Gerakan Wirausaha Berbasis Pemberdayaan Masyarakat.

Seminar entrepreneur
Dede Abdul Ghany nara sumber seminar dalam dialog seminar enterpreneur didampingi Alfian Sholeh Ketua Puspa Wangi Nusantara.

“Ada beberapa tenaga ahli yang kita rekrut untuk memberi pelatihan sekaligus praktek usaha. Misalnya, ahli pertanian holtikultura. para muda Banyuwangi bisa menanam sayuran ditempat yang terbatas. Hasil panen tidak usah bingung pasarnya kami akan bantu,” jelas Alfian Sholeh.

Secara khusus, Ketua Puspa Wangi Nusantara sangat berterimakasih kepada pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Zein Kastolani yang telah mensuport penuh kegiatan membangun Sumber Daya Manusia (SDM) muda di Banyuwangi yang ingin maju meniti usahanya.

Kedepan Yayasan Puspa Wangi siap menopang agenda pembangunan SDM di daerah, regional dan nasional guna menyambut bonus demografi, dimana  perubahan struktur umur penduduk karena penurunan kelahiran terus menerus. Sehingga akan banyak sumber daya pemuda pemudi yang bakal mengisi berbagai sektor, termasuk pembangunan sektor perekonomian usaha.

“Kami bersama lembaga (Puspa Wangi Nusantara) optimis pembangunan SDM wirausaha dan usaha swadaya perlu wadah yang tepat sebagai pendamping ekonomi sehat,” kata Alfian Sholeh.

Prokes COVID Seminar
Panitia Seminar LEADERSHIP & NETWORKING di Hotel Aston Banyuwangi, ikut arahan Gugus Tugas COVID-19 untuk disiplin prokes. Peserta cuci tangan sebelum masuk ruangan. Kamis, 24 Desember 2020

Peserta semakin mantab untuk menentukan pilihan tatkala usahanya tidak berkembang dan ingin mencari solusi masalahnya. Maka pemateri seminar Reyza Fitri Aninda S.H,M.Kn akrab disapa Mbak Icha juga pengusaha muda Banyuwangi sukses menyampaikan materi ‘Attitude dan Etika Entrepreneur’.

Disampaikan Mbak Icha bahwa didalam bisnis, penilaian orang lain terhadap brand/personal image akan sangat penting untuk kesuksesan karena hal tersebut adalah akar dari rasa kepercayaan dan pengakuan atas kredibilitas.

“Kharisma tanpa hati nurani dan kepintaran tanpa karakter adalah jalan untuk kegagalan ekonomi yang luar biasa besarnya”, dalam materi Mbak Icha.

Para peserta mengaku puas ikut seminar LEADERSHIP & NETWORKING Pelatihan Pemuda Preneur Leadership & Teamwork yang diadakan Yayasan Puspa Wangi Nusantara bersama pemerintah daerah.

Panitia Seminar LEADERSHIP & NETWORKING di Hotel Aston Banyuwangi, ikut arahan Gugus Tugas COVID-19 untuk disiplin prokes. Peserta dilakukan cek suhu sebelum regestrasi ulang dan masuk ruangan. Kamis, 24 Desember 2020

Tidak hanya diberi ilmu entrepreneur tapi bertambah teman usaha dari berbagai karakter orang dan usahanya. Harapannya, kedepan kegiatan seminar ini terus berlanjut dengan lebih ke prakek atau study usaha yang sudah sukes.***

REFRENSI

Puspa Wangi Nusantara, memiliki Bidang Kegiatan Usaha Pendidikan Non Formal Bimbingan Belajar Epsilon Happy Bimbel. Lembaga ini dikeloka para pemuda yang sukses dibidangnya.
Ketua : Alfian Sholeh (seorang organisatoris, wirausahawan yang tekun di Bidang Konstruksi, Garment dan Konveksi). Sekretaris : Khoirul Anam (Figure muda ini sudah dikenal sosok Pengusaha Bidang Penjualan Online dan Eksportir Bunga).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca