Berkunjung di Desa Ranupani Menyapa Warga Asli Tengger 

163 views

Pintu masuk pendakian Gunung Semeru

KabarRakyat.ID – Desa Ranupani Kecamatan Senduro, Lumajang Jawa Timur, adalah pintu masuk jalur pendakian ke Gunung Semeru. Adapun penduduknya menurut kisah adalah warga asli suku Tengger yang memiliki garis keturunan dengan kerajaan Mojopahit.

Tim Adventure KabarRaakyatID di Lumajang, mencoba menelusuri dari dekat sejarah singkat Desa Ranupani.

Berdasar keterangan beberapa sumber, secara geografis keberadaan Desa Ranupani berada di atas ketinggian 2100 mdpl merupakan warga Suku Tengger warga asli tinggal menetap di Gunung Bromo dan Semeru.

Total populasi suku Tengger ada kurang lebih 1.302 jiwa yang menempati desa dengan luas area kurang dari 1.000 hektare ini. Sedang mata pencaharian warga desa, adalah petani yang lokasi pertaniannya berada dikaki perbukitan dengan menanam kubis, brambang pol menjadi andalan warga.

Dari Lumajang, perjalanan menuju Desa Ranupani saat ini lebih mudah dan cepat. Dengan roda dua maupun roda empat bisa ditempuh hanya satu jam. Dalam perjalanan, memasuki kawasan hutan, perbukitan yang hijau. Medan jalan naik turun serta berkelok-kelok. Ada gapura pintu masuk jalur pendakian melihat lalu lalang para pendaki Gunung Semeru. Ditempat ini, bisa untuk istirahat dan berswafoto dipintu masuk pendakian, perjalanan diteruskan menuju balai Desa Ranupani.

Tim Adventure disambut Pak Tuangkat, juga Ketua BPD Desa Ranupani. Dalam kesempatan itu, pak Tuangkat mengatakan, di musim kemarau ini hasil pertanian menurun. Warga desa saat ini menanam kubis dan bawang prei. Meski demikian tidak menyurutkan para petani untuk tetap bisa menanam.

“Petani disini sudah terbiasa dengan kondisi seperti ini. Meski musim kemarau tetap semangat bertanam brambang prei dan kubis, ” jelas Pak Tuangkat.

Desa Ranupani tidak saja menghasilkan komoditas pertanian namun juga pemandangan alamnya, seperti Ranupani dan Ranu Regulo dimana dalam waktu dekat  wajah Ranu Regulo dan Ranupani akan  berubah cantik.

Reporter : Ulum Subekti

Editor : Richard

#gunung semeru #kerajaan majapahit #Ranupani #warga tengger

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply