Besok, KPU Banyuwangi Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten Pilkada Serentak 2020

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – Setelah proses rekapitulasi suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) selesai. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi sudah menjadwalkan rapat pleno terbuka rekapitulasi suara tingkat kabupaten pada , Rabu (16/12) besok.

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU , Ari Mustofa mengatakan, rapat pleno terbuka penghitungan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi tahun 2020 akan dgelar pada hari Rabu besok, mulai pukul 10:00 WIB hingga selesai bertempat di Ballroom Hotel Aston Banyuwangi.

“ Rekapitulasi suara tingkat kabupaten akan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat untuk menghindari penularan covid-19 , “ ucap Ari Mustofa saat dikonfirmasi, Selasa (15/12/2020) di ruang kerjanya Kantor KPU Banyuwangi.

Untuk menghindarai adanya kerumunan, KPU hanya memperbolehkan pihak-pihak yang berkepentingan masuk ke lokasi rekapitulasi suara yakni 2 (dua) orang saksi dari masing-masing paslon, Bawaslu dan anggota PPK yang kan membacakan hasil rekapitulasi surat suara di wilayahnya.

“ Agar proses rekapitulasi suara ini berjalan lancar dan aman, KPU telah berkoordinasi dengan Kepolisian untuk memback up keamanan , “ ucapnya.

Ari memprediksi proses rekapitulasi hasil suara tingkat kabupaten akan berjalan lebih cepat, karena anggota PPK cukup membacakan data rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat kecamatan yang tercantum dalam aplikasi milik KPU yakni sirekap. Sedangkan saksi paslon tinggal mencocokan data dimilikinya.

“ Teknis penyelenggaraan rekapitulasi tingkat kabupaten hampir sama dengan rekapitulasi tingkat kecamatan, kami dibantu aplikasi milik KPU RI yakni Sirekap , “ jelasnya. 

Ari menambahkan, aplikasi sirekap ini akan menampilkan angka-angka hasil rekapitulasi tingkat kecamatan dilayar sehingga saksi paslon dan pengawas tinggal mensingkronkan data yang dimilikinya.

“ Besok itu hanya rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten, untuk penetapan pemenang masih menunggu apakah ada gugatan atau tidak dari kedua pasangan calon , “ pungkasnya.

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *