Bimtek Saksi Sepi “Kurang Dapat Perhatian Parpol”

234 views
banner 468x60)

Hasyim Wachid, Komisioner Bawaslu Banyuwangi Foto: Hasyim Wachid, Komisioner Bawaslu Banyuwangi. (dok/Hariyadi)

KABARRAKYAT.ID – Bimbingan teknis (Bimtek) untuk para saksi tempat Pemungutan Suara (TPS) yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas pemilu (Bawaslu) Banyuwangi nampaknya kurang dapat perhatian Parpol peserta pemilu tahun 2019. Di beberapa kecamatan kursi peserta bimtek terlihat kosong.

Koordinator Divisi Organisasi dan Sumber Daya Manusia Bawaslu Banyuwangi, Hasyim Wahid mengatakan, sesuai dengan amanah Undang-Undang No. 7 tahun 2017 tentang Pemilu, Bawaslu adalah lembaga yang mempunyai kewenangan untuk memberikan pelatihan saksi Parpol yang akan ditempatkan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“ Bawaslu sudah mengundang saksi Parpol peserta Pemilu, tempat sudah disediakan untuk mengikuti Bimtek, terlepas teman-teman parpol absen maupun tidak hadir, itu hak Parpol, yang penting Bawaslu sudah memfasilitasi pelatihan saksi , “ ucap Hasyim Wahid saat dikonfirmasi Kabar Rakyat, Rabu (10/04/2019).

Sesuai dengan jadwal, bimtek saksi Parpol di TPS akan digelar selama selama tiga hari, mulai tanggal 10, 11, dan 13 April 2019 serentak di 25 kecamatan. Di Kabupaten Banyuwangi dari 14 (empat belas) Parpol peserta Pemilu, yang mendaftarkan nama-nama saksinya untuk mengikuti Bimtek hanya 8 (delapan ) Parpol.

“ Yang mendaftarkan nama-nama saksi Parpol untuk mengikuti Bimtek yang kami fasilitasi hanya delapan Parpol dari empat belas parpol perserya Pemilu tahun 2019 di Banyuwangi, “ ucap Mantan reporter salah satu stasiun televisi nasional.

Menurut Hasyim, sangat disayangkan moment dan kesempatan pelatihan saksi Parpol yang dibiayai oleh negara ini, kurang mendapat respon dari Parpol peserta Pemilu. Padahal banyak aturan dan sistem baru dalam Pemilu tahun 2019 yang harus dipahami oleh saksi Parpol.

“ Alangka baiknya moment dan kesempatan yang difasilitasi negara ini dimanfaatkan dengan baik oleh Parpol, karena ini sistem pemilu yang baru, berbeda dengan pemilu sebelumnya , “ ungkap Hasyim Wahid.

Hasyim menambahkan, jika bimtek saksi Parpol bisa terselenggara dengan maksimal, maka harapanya, minimal dapat membantu Bawaslu mengawasi proses pemungutan suara. Namun hal tersebut dikembalikan kepada internal masing-masing Parpol, biar kemudian masyarakat yang bisa menilai.

Reporter : Hariyadi

Editor : Setiawan/Choiri

banner 468x60)

#Bawaslu Banyuwangi #bimtek saksi pemilu sepi

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply