Kamis, Desember 3, 2020
Beranda JATIM BANYUWANGI BKKBN dan Komisi IX DPR RI Sosialisasi BANGGA KENCANA

BKKBN dan Komisi IX DPR RI Sosialisasi BANGGA KENCANA

REPORTERYusuf 77
Anas Tahir: BKKBN Jangan Fokus ke 2 Anak Cukup. Selain Tekan Angka Kehamilan Juga Mendorong Masyarakat Agar Lebih Mandiri dan Sehat Sejahtera.
KABAR RAKYAT – Lembaga pemerintah, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bersama Komisi IX DPR-RI melakukan sosialisasi Pembangunan Keluaraga dan Keluaraga Berencana (BANGGA KENCANA).
Kegiatan dilaksanakan di Pondok Pesantren Darussholah Desa Wringin Putih Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi. pada, Senin, 10 Agustus 2020.

Sosialisasi Program BANGGA KENCANA – BKKBN merupakan langkah antisispasi untuk mengatasi ledakan kehamilanl usia subur karena sempat terhentinya beberapa program masa pandemic COVID-19.

Baca: Back Up Belajar Daring Anak Sekolah, Polresta Banyuwangi Lounching Motor Babinkantibmas Wi Fi

“Utamanya layanan kontrasepsi, karena terbatasnya layanan dilapangan oleh Tim BKKBN mualai dari pusat dan daerah,” jelasnya.

Kepala Diklat KKB Jember, Ronald Stevent Rigo menjelaskan, bahwa pentingnya soosialisasi program bangga kencana ini mengingat sesuai data statisstik yang dihimpun BKKBN.

Sosialisasi Program BANGGA KENCANA di Pondok Pesantren Darussholah Desa Wringin Putih Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi. 10 Agustus 2020

“Secara nasional data angka kehamilan meningfkat 2% mulai Februarib-April saat masa pandemi ini,” ungkapnya.

Karena terbatasnya ruang layanan BKKBP, lanjut Ronald, banyak program yang terhalang dan dialihkan untuk mengatasi pandemic COVID-19. Sehingga kami bersama DPR RI, melalui Komisi IX yang merupakan mitra BKKBN mensosialisakan program BANGGA KENCANA.

Baca: Wagub Emil Temui Petani dan Nelayan Kota Probolinggo

“Kami berharap dengan sosialisasi program BANGGA KENCANA ini. Kami bersama mampu menekan ledakan kehamilan masa pandemi. Dan Program Keluarga Berencana semaksimal mungkin bisa tetap berjalan,” ungkap Kepala Diklat KKB Jember, Ronald Stevent Rigo.

Anas Thahir, Komisi IX DPR RI dari Fraksi PPP yang merupakan mitra dari BKKBN komisi yang membidangi masalah pembangunan keluarga dan kependudukan mengatakan, dirinya memang bertugas melakukan pengawasan terhadap pemerintah dalam hal ini melalui BKKBN.

Pembagian paket sembako untuk tenaga kesehatan di BKKB dan Warga.

Apakah BKKBN telah melakukan program kependudukan secara benar meski situasi di masa pandemi ? Anas Thahir menjelaskan, pertimbangan itu Komisi IX DPR RI mendorong program yang telah ditetapkan pemerintah agar tetap berjalan maksimal.

Utamanya, jelas Anas Thahir, masalah perkawinan usia dini, masalah meningkatnya kehamilan masa pandemik COVID-19 dan masalah kesejahteraan.

“Kami berharap BKKBN tidak hanya focus terhadap masalah program 2 Anak Cukup saja, akan tetapi lebih mendorong masyarakat agar lebih mandiri dan sehat sejahtera. Kami telah lakukan sosisalisasi program BANGGA KENCANA di 4 Kabupaten meliputi Jember, Bondowoso, Sitbondo, dan Banyuwangi,“ tambah Anas Thahir, Komisi IX.

Baca: 1000 Masker Guna Cegah COVID-19 Dibagi Polres Bondowoso 

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 08.00 samapai 11.00 tersebut ditutup dengan ramah tamah dan pembagian 1000 Bingkisan Sembako.

Bingkisan Sembako dibagikan kepada Tenaga Kesehatan utamanya Pegawai BKKBN serta masyarakat terdampak COVID-19 di lingkungan Pondok Pesantren Darussholah, Muncar dan warga Desa Wringin Putih.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca