Board Walk di Objek Wisata Batu So’on, Solor Bondowoso Dikritik

Board walk di destinasi Batu Susun (Stonehange), desa Solor kecamatan Cermee Bondowoso

Kadisparpora : Itu untuk memberi rasa aman ke pengunjung

KabarRakyat.ID – Pembangunan board walk di objek Wisata Batu So’on di Solor Kecamatan Cermee mendapatkan tanggapan dari Mantan Bupati Bondowoso Amin Said Husni.

Dikonfirmasi awak media, laki-laki yang dikenal akrab ASH ini, mengatakan fasilitas baru itu gagal perencanaan. Karena dinilainya board walk dan pagarnya justru menghalangi kegagahan objek utamanya, yakni Batu So’on.

Hal ini, dinilainya berpengaruh terhadap orang-orang yang belum tahu Solor, dan mau tahu melalui foto-foto yang terbaru. Karena yang terlihat bukan Batu Solor, tapi justru board walk dan pagarnya.

“Itu menurut saya sangat merugikan. Padahal yang ingin kita jual kan Batu Soonnya. Kan eman sekali,” ujarnya.

Dilanjutkannya, bahwa dirinya tak  mempermasalahkan Pemkab membangun fasilitas, untuk memberi kenyamanan pada pengunjung. Namun mestinya, harus dengan perencanaan yang cermat.

“Titik spot selfie dan spot fotonya harus pas. Kemudian menggunakan material yang cocok, dan ketinggiannya yang proporsional. Sehingga tidak mengganggu objek utamanya,”imbuhnya.

ASH mengaku bahwa kritik dan masukan ini telah disampaikannya kepada Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora), Harry Patriantono.

“Saya sudah WA ke Harry, ke Adi (Kabag) di Pariwisata. Saya komplain dan menyayangkan pembangunan fasilitas itu yang membuat objek Batu So’on jadi tenggelam. Selain komentar di Media Sosial, saya kontak langsung Harry dan Adi yang memang tupoksinya di situ,” jelasnya.

Sementara itu, Harry Patriantono, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda, dan Olahraga, dikonfirmasi, mengatakan, bahwa bangunan yang menggunakan anggaran dalam APBD awal 2019  itu dibuat untuk memberikan rasa nyaman, dan aman kepada para pengunjung.

Tentu, kata dia, semuanya melewati proses perencanaan yang matang dan melibatkan berbagai pihak.

“Pagar yang dibuat juga untuk memberikan keamanan kepada pengunjung mengingat kondisi lapangan yang ekstrim, itu ada jurang loh,” Ujarnya.

Ia mengklaim bahwa justru dengan adanya spot selfie baru itu, animo masyarakat untuk berkunjung, semakin tinggi.

“Dan itu menjadi daya tarik. Dan itu tidak merusakan zona inti, justru mendukung zona inti,”katanya.

Namun demikian, kata Harry, pihaknya menerima semua masukan. Tentunya,  ini menunjukkan kepedulian terhadap kemajuan pariwisata Bondowoso.

” Saya sangat terbuka dengan semua masukan. Kami open minded,”pungkasnya.

Reporter : ifa

Editor : setiawan

banner 970x90









Loading...

#bondowoso #Wisata Batu So’on #wisata bondowoso

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply