Tuesday, October 27, 2020
Home DESTINASI ADVENTURE Bondowoso dan Banyuwangi Kompak Ajukan Geopark National Ijen Ke UNESCO

Bondowoso dan Banyuwangi Kompak Ajukan Geopark National Ijen Ke UNESCO

REPORTERifa Bahsa
- Advertisement -

KABAR RAKYAT – Dua kabupaten yakni Bondowoso dan Banyuwangi bersinergi menguatkan sektor pariwisata agar lebih dikenal dunia. Kali ini, kota Tape dan kota Gandrung mengusulkan kawasan strategis pariwisata kabupaten (KSPK) Ijen Raung Geopark untuk diajukan menjadi kandidat Global Geopark UNESCO.

Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga (Disparpora) Bondowoso, Arif Setyo Raharjo, menjelaskan kedua kabupaten telah sepakat dan Pemprov Jatim yang telah ditandatangani Gubernur, untuk diajukan kepada pemerintah pusat dan UNESCO.

Bahkan, nama Geopark Banyuwangi sebelumnya, kini akan diubah menjadi Geopark National Ijen. Termasuk logonya.

Baca: 1 Suro, Nelayan Pantai Lampon Lakukan Tradisi Petik Laut

” Sekarang lagi proses untuk penyusunan dokumen aplikasi pengajuan Geopark Indonesia ke UNESCO. Bondowoso dan Banyuwangi bareng Pemprov Jatim,” jelasnya saat dikonfirmasi, Kamis (20/8/2020).

Adapun areanya, lanjut Arif, terdapat tiga konten dalam penetapan Goepark yakni Bio, Geo dan Culture. Di Bondowoso, ada 14 titik yang direncanakan masuk dalam kawasan Geopark.

Untuk situs Geologi diantaranya Kawah Ijen, Kalipahit, Air Terjun Gentongan, Kawah Wurung, Air Panas Blawan, Puncak Megasari, Batu Soon Solor dan Air Terjun Tol-tol.

Baca: Menteri Bintang : Penyelesaian Kasus Perempuan dan Anak Butuh Konsep Kuat Hulu ke Hilir

Dari situs Biologi, terdapat Hutan Pelangi, Kopi Arabika dan Kebun Strawberry.

” Adapun untuk yang budaya, kita masukkan situs-situs megalitikum yang ada di Kecamatan Cermee maupun Sumber Wringin. Juga tari Molong Kopi, Singo Wulung dan Pojien,” ujarnya.

Dikatakannya, pemilihan spot-spot wisata untuk diajukan ke UGG tersebut karena tidak semua daerah memiliki peluang dan karakteristik konten Geopark. Sehingga, hal ini menjadi momen tepat untuk Bondowoso dan Banyuwangi dalam mengakselerasi penguatan branding pariwisata di kancah internasional.

Baca: Buronan Tindak Pornografi Tahun 2018 Ditangkap Polres Bondowoso

Untuk informasi, UGG merupakan area geografis terpadu di mana situs dan lanskap geologi internasional dikelola dengan konsep perlindungan holistik, pendidikan dan pembangunan berkelanjutan melalui pendekatan bottom-up.

Tahun ini, ada dua Geopark yang diajukan oleh pemerintah RI yakni Geopark Ijen dan Geopark Natuna. Namun, Natuna mengundurkan diri sehingga akhirnya diganti oleh Geopark Kabupaten Maros.***

EDITORChoiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca