BPBD Bondowoso Launching Alat Deteksi Gempa

  • Whatsapp
Lounching alat deteksi gempa

KABAR RAKYAT – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso launching sistem deteksi dini gempa, atau Warning Receiver System (WRS), Minggu (7/6/2020).

Sistem ini dapat digunakan untuk menjalankan dua dari tiga fungsi utama Pusdalops (Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana).

Read More

“WRS yang ada terhubung dengan sistem jaringan dari BMKG. BMKG pusat menginformasikan setiap saat kejadian gempa yang terjadi di seluruh Indonesia, dan setiap daerah dapat memonitor karakteristik dari gempa dan lokusnya melalui WRS ini,” jelas Ketua Pelaksana (Kalaksa) BPBD Bondowoso, Kukuh Triyatmoko.

Fungsi WRS ini kata dia, dapat memonitor gerakan tanah yang terjadi, mengetahui lokus gerakan yang terjadi, ditunjukkan melalui titik koordinat; dapat berfungsi sebagai alat deteksi dini pergerakan tanah.

“Menerima pesan peringatan gempa, dan menyebarluaskan peringatan dan arahan kepada masyarakat yang berisiko,” Imbuhnya.

Menurutnya, jumlah alat ini memang belum memenuhi kebutuhan untuk memproses informasi terkait gempa dengan cepat. Pihaknya berharap penambahan alat. Sehingga bisa mempermudah alur informasi jika terjadi gempa.

“Tentunya dengan alat ini akan mampu mempercepat lagi proses. Saat ini, SOP untuk memberikan informasi atau peringatan gempa memang akan lebih cepat, dengan alat ini,” jelasnya.

Kukuh juga meminta  jajaranya, memberikan pemahaman kepada warga, agar tak terlalu khawatir. Namun demikian, tetap harus waspada. Serta mempercayai informasi hanya dari pihak BPBD setempat.

“Semua harus waspada, dan itu tadi kami sampaikan di sini harus dengan informasi yang resmi dari BMKG dan diikuti BPBD setempat, karena dengan begitu masyarakat bisa lebih tenang dan tidak panik,” jelas Kukuh.

Kukuh mengatakan, program WRS yang dipasang merupakan bantuan dari kementrian ESDM melalui Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG ).***



Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *