BPBD Kembali Sosialisasikan Jalur Evakuasi Gunung Bromo

382 views
banner 468x60)

banner 468x60)

Foto : Kondisi lautan pasir di gunung Bromo masih aman, sejumlah PKL masih menjajakan daganganya, Senin siang (18/3/2019).

KABARRAKYAT. ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo belum melihat pengaruh signifikan atas erupsi gunung Bromo, Senin pagi (18/3/2019). Namun begitu, tindakan mitigasi kebencanaan diberlalukan terkait erupsi Bromo.

Sampai berita ini ditulis, Desa-Desa di sekitar lereng gunung Bromo terbilang aman dan tidak terpengaruh oleh aktifitas gunung Bromo, Senin pagi, menyeburkan abu setinggi 1500 meter dari puncak gunung.
Kepala Pelaksana BPBD Kavupaten Probolinggo Ir. Anggit Hermanuadi saat dikonfirmasi Khabarrakyat. Id menyatakan, kondisi di wilayah sekitar gunung Bromo masih normal dan tidak terpengaruh secara signifikan.

“Kami terus berkoordinasi dan memantau perkembangan di lapangan secara rutin. Terkait lima kali letusan di puncak Bromo mengakibatkan kawasan puncak terjadi hujan abu. Untuk kawasan dibawahnya belum merasakan dampak tebaran abu secara signifikan”, terang Anggit.

Diungkapkan oleh Anggit Hermanuadi, langkah mitigasi diberlakukan dengan kembali mensosialisasikan jalur evakuasi ketika benar-benar situasi darurat masyarakat sudah paham bagaimana tindakan yang dilakukan.

“Jalur evakuasi kembali kita sosialisasikan agar masyarakat paham dan tahu bagaiamana jika gunung Bromo erupsi dalam kondisi awas. Untuk saat ini, kondisinya masih normal. Malahan aktifitas parawisata tidak terpengaruh. Sejumlah pedagang di lautan pasir masih menjalankan aktifitas melayani wisatawan”, kata Anggit.

BPBD Kabupaten Probolinggo juga menghimbau pengenaan masker di wilayah terbaran hujan abu gubung Bromo guna menghidari iritasi pada pernafasan dan pemakaian kaca mata jika diperlukan.

 

Reporter : Richard

Editor      : Choiri

banner 468x60)

#Erupsi Bromo #Hujan abu di Bromo #Gunung Bromo masih aman #BPBD Kabupaten Probolinggo sosialisasi jalur evakuasi

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply