Senin, Januari 18, 2021
Beranda JATIM BANYUWANGI BPBD Petakan Empat Bencana di Musim Hujan

BPBD Petakan Empat Bencana di Musim Hujan

REPORTERJaenudin

KABAR RAKYAT – Badan penangguhan bencana daerah (BPBD) Kabupaten Banyuwangi memetakan empat bencana alam berpotensi saat musim penghujan di wilayah Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. Rabo (25/11/2020).

Saat dikonfirmasi Kabid kedaruratan dan logistik BPBD Kabupaten Banyuwangi Eka Muharram mengatakan BPBD Banyuwangi memang telah memetakan empat bencana alam berpotensi terjadi di daerah Banyuwangi pada musim penghujan.

Menurut dia, Seluruh wilayah Banyuwangi rawan adanya kejadian bencana di musim hujan.

Untuk tingkat kerawanan tergantung jenis bencananya, seperti Banjir yang memiliki kerawanan tinggi di Kecamatan Banyuwangi, Kecamatan Muncar dan Kecamatan Pesanggaran.

Dan Yang memiliki tingkat kerawanan tinggi bencana Longsor, di Kecamatan Songgon, Licin, Glenmore, Kalibaru, Pesanggaran.

Bencana Angin Kencang dan Puting Beliung terutama rawan di wilayah tengah yaitu Glenmore, Genteng, Gambiran, Cluring, Srono, Rogojampi, dan Kabat.

Dengan Cuaca ekstrim yang terjadi diwilayah Banyuwangi Selatan, Tengah dan Utara mengakibatkan potensi pemukiman warga tergenang air, pohon tumbang serta angin kencang.

Menurutnya, empat bencana alam itu diantaranya bencana angin puting beliung, petir, banjir dan bencana tanah longsor. Wilayah yang berpotensi terjadi banjir ada di Kecamatan Wongsorejo, Kalipuro, Banyuwangi, Kabat, Rogojampi, Muncar, dan Pesanggaran.

Sedangkan potensi angin puting beliung, yang perlu waspada adalah kawasan dengan kontur tanah datar, mulai dari Kecamatan Glenmore, Tegalsari, Genteng, Gambiran, Cluring, Srono, Rogojampi, hingga Banyuwangi kota.

Menurut Eka, jika didekat rumah ada pohon besar yang rindang dan rantingnya banyak, bisa dilakukan perantungan. Sementara untuk kawasan yang rawan longsor merupakan wilayah yang berada di dataran tinggi. Seperti di Kecamatan Wongsorejo, Kalibaru, Licin, Pesanggaran dan Kecamatan Glagah.

Berdasarkan, peringatan dini dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi, pada bulan November 2020 seluruh wilayah Banyuwangi memasuki musim penghujan, bahkan cenderung cuaca ekstrim.

Menurut Prekirawan BMKG Banyuwangi diawal musim hujan ini potensi angin puting beliung dan terjadinya petir cukup tinggi.*

EDITORSetiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca