Bromo Kembali Semburkan Abu Panas

  • Whatsapp
Abu panas gunung bromo
Kondisi Erupsi Gunung Bromo keluarkan abu panas, Jumat sore (19/7/2019)

KabarRakyat.ID – Pasca Yad Kasada gunung bromo kembali erupsi, Jumat petang pukul 16.37(19/7/2019). Kondisi ini teramati KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Bromo. Wisatawan diminta menjauh dari kawasan puncak gunung Bromo dalam radius 1 KM.

Pihak otoritas PVMBG mengumumkan adanya peningkatan aktifitas gunung Bromo pada Jumat sore ini. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 37 mm dan durasi ± 7 menit 14 detik. Gunung Bromo mengeluarkan semburan material berwarna abu-abu.

Pihak PVMBG juga melarang aktitas wisatawan di puncak dan lereng gunung Bromo dengan alasan keamanan. Kepala BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi, meminta masyarakat tetap waspada di sekitar gunung Bromo. Meski status masih level II masyarakat diminta mengutamakan keselamatan.

“Radius rawan masih di wilayah 1 KM dari puncak Bromo. Namun wisatawan dan warga untuk tindak kepuncak karena material vulkano berbahaya. Informasi ini disampaikan untuk meningkatkan kewaspadaan akan bencana dan upaya mitigasi”, tegas Anggit Hermanuadi, Jumat (19/7/2019).

Reporter: Richard

Editor: Choiri

Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *