Bromo Makin Unik Ditengah Erupsi Dan Cocok Buat Edukasi

118 views
banner 468x60)

Foto : Gunung Bromo ditengah erupsi  nampak cantik dan makin unik dilihat dari jarak aman. 

 

KABARRAKYAT. ID – Kepulan asap dari gunung Bromo kembali terlihat setinggi 2929 meter dari permukaan air laut atau 9373 kaki pada seni pagi (11/3/2019). Volcano Observatory Notice for Aviation (VONA) pun menandainya dengan warga oranye, jasa penerbangan perlu waspada jika melintasi ruang Udara di dekat Bromo.

Mengutip data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), terjadi letusan dengan awan abu vulkanik pada 14.00 UTC (07.00 lokal). Erupsi dan emisi abu terus berlanjut. Perkiraan puncak awan abu vulkanik sekitar 9.373 kaki atau 2.929 mdpl.

Abu vulkanik teramati berwarna coklat hingga abu-abu. Dengan intensitas tebal tipis, bergerak ke arah barat dan barat daya. Aktifitas kegempaan, terekam dengan amplitudo 0,5 – 32 milimeter, dominan 1 milimeter.

Melalui pesat singkat, Kepala Pusat PVMBG Bandung, Kasbani. Melalui sambungan selular, Kasbani menyebut, hanya erupsi kecil jam 7 pagi tadi.

“Berupa hembusan asap dengan tinggi 600 meter. Status masih level dua atau waspada,” tulis Kasbani.

Terkait Pantauan ini Kasbani,  menghimbau agar masyarakat maupun wisatawan tidak panik. Masyarakat maupun wisatawan masih bisa menikmati keindahan Bromo, dengan jarak aman 1 kilometer dari puncak kawah. Wisatawan yang datang, bisa menikmati keindahan kepulan asap Bromo nan eksotik itu, dari bukit Mentigen, maupun puncak Seruni poin.

“Di luar itu masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa,”tutupnya.

Ketua BPC Perhimpunan Hotel Dan Restoran Indonesia  (PHRI) Kabupaten Probolinggo Digdoyo Djamaluddin,  justru aktivitas Vulkano gunung Bromo menjadi view menarik dan dimintai wisatawan mancanegara negara.

Menurut Digdoyo akrab dipanggil pak Yoyok proses alamiah gunung Bromo menjadi bahan edukasi dan penelitian ilmiah kegunungapian di Indonesia.

“ Proses alamiah gunung api Bromo yang disebut erupsi menarik untuk kajian dan penelitian ilmiah baik untuk pelajar dan mahasiswa. Tidak hanya tahu dari buku, televisi tapi bisa dilihat langsung dari jarak aman sesuai rekomendasi PVMBG, ungkap Digdoyo.

Menurut Digdoyo, erupsi Bromo menjadi aset tersendiri bagi pariwisata di jawa Timur, karena masih aman untuk kegiatan masyarakat khususnya dunia pariwisata. “ Memang informasi erupsi Bromo itu harus kita luruskan, sebab tidak berbahaya jika dilihat dari jarak yang aman. Tentunya informasi ini harus dipunyai oleh jasa travel dan bisnis hotel agar iklim pariwisata di gunung Bromo tetap dinamis. Justru erupsi Bromo ini unik dan menambah nilai tambah”, ungkapnya.

 

Reporter : Richard

Editor      :  Choiri

banner 468x60)

#Bromo #Pariwisata Jawa Timur #Unik Bromo erupsi #Bromo menarik saat erupsi

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply