Selasa, November 24, 2020
Beranda JATIM BONDOWOSO Bunga Bangkai Ditemukan Warga Dadapan Bondowoso

Bunga Bangkai Ditemukan Warga Dadapan Bondowoso

REPORTERIfa Bahsa

KABAR RAKYAT – Bunga Raflesia atau lebih dikenal dengan sebutan Bunga Bangkai yang memiliki aroma khas yakni bau busuknya, telah ditemukan oleh salah satu warga Desa Dadapan Kecamatan Grujugan, Bondowoso. Bunga tersebut berdiameter hampir 1 meter.

Bunga ini ditemukan di sebelah pemakaman umum di Dusun Krajan, tepatnya di tengah-tengah rumput ,  belakang kandang milik salah satu  warga setempat.

Amorphophallus peoniifolius merupakan bunga yang berhabitat di Pulau Sumatera, Jawa, dan Sulawesi. Bunga yang memiliki tekstur kasar ini dapat tumbuh hingga 1,5 meter. Bunga satu ini memiliki mahkota yang mengandung pigmen antosianin yang menimbulkan warna merah jambu hingga ungu di mahkotanya ketika sudah mekar.

Tangkai daun bertekstur lunak dan berwarna hijau muda atau hijau tua. Seperti Bunga Bangkai pada umumnya, Amorphophallus peoniifolius merupakan bunga yang dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan cahaya matahari minim.

Zubair salah seorang warga Dusun Krajan, memaparkan bahwa bunga tersebut diketahui mekar sejak dua hari lalu, Sabtu (7/11/2020).

“Ditemukan oleh salah seorang warga di sini, yang kebetulan lewat. Sempat menjadi tontonan warga. Tapi baunya tak terlalu busuk,” paparnya.

Bunga bangkai tersebut baru pertama kali tumbuh di sekitar rumahnya. Selama dua hari ini, kata Dia, bunga tersebut dibiarkan oleh warga.

“Kayaknya baru kali ini. Memang tahun lalu ada tapi di daerah lain. Karena sudah dua hari, jadi sudah tidak terlalu segar dan kelihatan menyusut,” imbuhnya.

Karena ramai diperbincangkan di media sosial, salah seorang warga asal Kecamatan Tamanan, mengaku sengaja datang ke lokasi tumbuhnya bunga bangkai tersebut.

“Saya tahunya di media sosial, dan  WhatsApp kalau di sini tumbuh bunga bangkai. Penasaran seperti apa bunga bangkai, saya datang ke sini,” jelas Sugiyanto.

Ia datang bersama saudaranya untuk melihat bunga bangkai tersebut. Kemudian mengabadikan momen langka tersebut melalui semartphonenya. “Lumayan besar sih. Puas saya bisa melihat langsung,” imbuhnya.***

EDITORSetiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca