Tuesday, August 11, 2020
Home BANYUWANGI Bupati Anas Suntik Semangat Para Pegiat dan Pelaku Kopi Banyuwangi

Bupati Anas Suntik Semangat Para Pegiat dan Pelaku Kopi Banyuwangi

KABAR RAKYAT – Salah satu sentra produksi kopi di Banyuwangi, kebun Malangsari di kunjungi Bupati Abd. Azwar Anas. Kedatangan orang nomor satu di Banyuwangi ini menjadi suntikan semangat pegiat dan pelaku usaha kopi Banyuwangi agar bangkit dari permasalahan pandemic COVID-19.

“Perlahan tapi pasti, mulai bergeliat lagi. Kita harus optimistis menyambut era adaptasi kebiasaan baru. Hulunya kita perkuat, hilirisasi kopinya juga dioptimalkan. Sehingga ekonomi kembali bergerak,” ujar Anas, Minggu (26/7/2020).

Anas telah bertemu dengan para petani dan pegiat kopi Kalibaru di Ruang Terbuka Hijau Sawunggaling, Sabtu (25/7/2020) kemarin.Kalibaru selama ini memang dikenal sebagai daerah penghasil kopi. Di kecamatan tersebut, perkebunan kopi rakyat mencapai 9.721 hektar. Potensi ini terus dikembangkan hingga sektor hilir.

“Saya sangat senang melihat banyak anak muda yang kini terlibat dalam pengembangan kopi. Tidak hanya bergerak dalam pertanian kopi saja. Tapi, sudah mulai melakukan pemrosesan kopi siap saji. Juga mulai banyak kedai-kedai kopi yang dibuka. Ini memberi nilai tambah ekonomi,” cerita Anas.

Baca: 

Hasil produksi kopi di Kalibaru, Banyuwangi. Foto. Ist/Hms

Potensi tersebut, imbuh Anas, akan terus dimaksimalkan. “Pemkab Banyuwangi membantu pendampingan dan promosinya. Di era adaptasi kebiasaan baru setelah dampak pandemi COVID-19, kami akan prioritaskan Kalibaru sebagai agenda promosi wisata kopi di Banyuwangi,” janji Anas.

Gagasan Anas tersebut disambut gembira oleh pegiat kopi di Kalibaru. Hamdani, pemilik kedai Semiotika Kopi dari Kalibaru Manis, mengatakan, selama ini, ia bersama kawan-kawannya rajin mempromosikan kopi lokal Kalibaru.

EDITORChoiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER