Senin, November 30, 2020
Beranda JATIM TRENGGALEK Bupati Arifin Ajarkan Petani Hutan Menjadi Pebisnis

Bupati Arifin Ajarkan Petani Hutan Menjadi Pebisnis

REPORTERRudi Sukamto

KABAR RAKYAT – Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, hari ini hadiri pertemuan rutin Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) wilayah BKPH Dongko yang digelar di kawasan Pantai Konang Kecamatan Panggul, Rabu (5/8/2020).

Dalam pertemuan tersebut, Bupati mengajak anggota LMDH merubah mindset tidak hanya sebagai petani hutan.

“LMDH itu sebenarnya bukan hanya berpotensi menjadi petani, tetapi anda bisa menjadi pebisnis, banyak potensi yang dapat dikelola dari kawasan hutan. Pemkab Trenggalek,” jelas Arifin.

Pemerintah kabupaten Trenggalek saat ini sedang membuat kajian terkait pemetaan kawasan hutan hingga portofolio bisnis yang dapat dikembangkan.

“Ada yang di kawasan pegunungan, ada yang di kawasan pesisir, nah itu potensi-potensi ekonomi, portofolio bisnis yang bisa dikerjakan oleh rekan-rekan LMDH itu apa, misalnya di kawasan pesisir peningkatan SDM-nya diajari bagaimana membuat tambak tanpa limbah dan hasilnya bagus,” tutur Bupati.***

“Yang di kawasan pegunungan bagaimana caranya punya porang yang subur, terus pemasarannya bagaimana, janggelan bagaimana, kopi dan sebagainya, sehingga itu nanti bisa menjadi jalan untuk bagaimana kehidupan LMDH di masa yang akan datang,” lanjutnya.

Namun, Bupati Nur Arifin juga kembali mengingatkan sebagaimana jargon Meroket, memajukan ekonomi rakyat melalui orang-orang yang kreatif tetapi ekosistem harus tetap terjaga.

“Sekali lagi jangan membayangkan kalau LMDH itu semua tani, tidak, ada yang mungkin jadi desa wisata, mungkin ada yang punya sumber air bisa di kawasan LMDH, bisa ikut memiliki saham dengan berkontribusi menjaga sumber airnya, itu kan berarti anda jadi pengusaha air minum,” terang Bupati menjelesakan.

“Tetapi syaratnya jangan merusak tegakan yang ada, jadi kita itu pengusaha hutan, jadi ada usahanya selama ada hutannya, kalau mengaku pengusaha hutan malah merusak hutan itu namanya penjarah hutan,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca