Bupati Bondowoso Serahkan Bantuan Baznas Ke Warga Kurang Mampu

240 views

Bupati Salwa Arifin ; Baznas Harus Bersinergi Dengan OPD

Bupati Bondowoso saat memberikan sambutan dalam kegiatan Baznas di aula Disparpora

Foto: Bupati Bondowoso saat memberikan sambutan dalam kegiatan Baznas di aula Disparpora

KABARRAKYAT.ID – Sebanyak 74 warga kurang mampu dari berbagai wilayah di Bondowoso, Senin, (22/4/2019) mendapatkan bantuan peralatan usaha produktif usaha dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bondowoso. Penyerahan bantuan yang dilaksanakan di Aula Disparpora, itu diserahkan secara simbolis oleh Bupati Bondowoso Drs KH Salwa Arifin.

Pantuan di lapangan, bantuan yang diberikan diantaranya, alat pertukangan, las lsitrik, gilingan tepung, mesin jahit, rombong gorengan, sepeda, dan sejumlah alat usaha produktif lainnya.

KH Mohammad Junaedi selaku Ketua Baznas Kabupaten Bondowoso, melaporkan bahwa di kabupaten Bondowoso ini semula ada 135 usulan penerima bantuan. Namun, setelah dilakukan survey ke lokasi penerima bantuan, hanya 74 orang yang dinyatakan layak menerima bantuan.

“Ada yang ketika disurvey, penerima sebelumnya pernah menerima bantuan dari OPD. Nah ini jadi pembahasan di Baznas, akhirnya masuk ke yang 61 itu (yang tidak menerima),” ujarnya.

Ia juga menyebutkan bahwa pada tahun 2019 ini, Baznas akan menyerahkan bantuan alat usaha produktif dalam empat kali. Dan untuk penyerahan pertama tahun ini, dilakukan pada hari ini, Senin (22/4).

Bupati Salwa saat menyerahakan Bantuan kepada mustahik didampingi Moh.Junaedi Ketua Baznas Bondowoso

Bupati Salwa saat menyerahakan Bantuan kepada mustahik didampingi Moh.Junaedi Ketua Baznas Bondowoso

Sementara itu, Bupati Salwa Arifin mengatakan, terima kasih kepada Baznas lantaran telah turut membantu pemerintah daerah dalam mengentaskan kemiskinan. Dengan mendistribusikan bantuan alat usaha produktif.

“Saya sampaikan terima kasih pula, karena Baznas banyak membantu pemerintahan,” ujarnya.
Ia berharap dengan turut sumbangsihnya Baznas ini bisa benar-benar bisa menekan angka kemiskinan di Bondowoso yang masih berada di angka 14 persen.

“Bantuan ini diambilkan dari infaq dan zakat Aparatur Sipil Negara (ASN) seluruh Kabupaten Bondowoso,”paparnya.

Bupati pun menambahkan bahwa infaq dan zakat yang diambilkan dari Tambahkan Penghasilan Pegawai (TTP) ASN sebesar 2,5 persen dan dari gaji ASN yang bervariatif, diharapkan dapat menjadikan rizki para ASN di Kabupaten Bondowoso menjadi semakin berkah.

Bupati Salwa Arifin mengharapkan agar Baznas Bondowoso bisa bersinergi dengan pemerintah daerah, seperti Bappeda, dan Dinsos. Sinergi dilakukan untuk memastikan bahwa bantuan yang diberikan bisa tepat sasaran kepada warga kurang mampu yang sesuai dengan Basis Data Terpadu Pemkab.

“Supaya bantuan yang diberikan betul-betul efektif, oleh karena itu saya mengharapkan ada sinergi antara Baznas dengan pemerintah, lewat Bappeda atau Dinas Sosial, Kesra. Sehingga penyalurannya agar tepat sasaran,” tutupnya.

Reporter ; ifa

Editor     : setiawan

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply