Bupati dan Kapolres Pantau Jalur Mudik Lebaran

141 views

Bupati Dadang dan Kapolres AKBP Awan pantau pos lebaran 2018

KABARRAKYAT.ID, SITUBONDO – Pastikan jalur mudik aman dan lancar, baik jalur mudik laut maupun darat. Bupati Situbondo Dadang Wigiarto dan Kapolres AKBP Awan Hariono, pantau arus mudik,pos pengamanan (Pospam) Lebaran, Operasi Ketupat Semeru 2018, di jalur Pantura Situbondo dan Pelabuhan Jangkar, Selasa (12/6/2018).

Menanggapi soal banyak penumpang kapal tujuan Madura, bermalam di Pelabuhan Jangkar, Bupati Dadang kepada wartawan menegaskan, akan tambah kapal roro, untuk lebaran tahun depan, agar pemudik kepulauan tak lagi antre bahkan bermalam dipelabuhan.

“Kami ingin memastikan jalur mudik lebaran tahun ini, aman, lancar dan nyaman. Selain itu, kami memantau pos pengamanan lebaran. Sedangkan untuk pelabuhan Jangakr kita upayakan tahun 2019 bisa menggunakan tiket online,” kata Dadang Wigarto.

Disampaikan, Kapolres AKBP Awan, ada 5 Pospam lebaran, yang didirikan oleh pemkab Situbondo dan Polres Situbondo. Adapun titiknya, dari Kecamatan Banyuputih yang berbatasan dengan kabupaten Banyuwangi, salah satunya.

Serta wilayah barat, yang berbatasan dengan kabupaten Probolinggo. Untuk jalur darat, tak ada peningkatan yang drastis, meskipun kondisi jalan padat namun lancar, dimana jalur dikawasan yang kerap kali macet. Hingga tiga hari jelang lebaran, kondisiya masih padat lancar.

Baca juga : Proyek Jalan Pantura Situbondo Tuntas H-10 Lebaran

Beberapa titik dikawasan tanjakan abu, jelas AKBP Awan, dikawasan hutan Baluran, yang kerapkali kendaraan tak kuat naik, karena ketinggianya cukup terjal. Untuk itu, pihak Polres Situbondo, telah menyiagakan petugas Satlantas, dan Relawan Baluran, untuk memandu pemudik dan memberikan bantuan ganjal ban. Utamanya bagi kendaraan yang dari arah Surabaya menuju Banyuwangi dan Bali.

Sementara untuk pemudik di Pelabuhan Jangkar Situbondo, masih terjadi ratusan penumpang yang antre menunggu kedatangan kapal rpro dan antrean tiket. Kapolres dan Bupati juga melihat para pemudik yang sudah dua hari bermalam karena kehabisan tiket.

Namum, pihak otoritas pelabuhan, menjamin, pemudik   akan terangkut semuanya, beserta motor dan mobil bawaanya untuk menyeberang ke kampung halamanya.

Selain memaksimalkan dua kapal roro, dan empat kapal kayu tradisional, serta kapal cepat bantuan dari Dinas Perhubungan LLAJ Provinsi Jawa Timur. Kondisi kepadatan pemudik sudah mulai terurai, dan hingga kamis, pelayaran masih terus melayani pemudik tujuan kepulauan Madura.

Reporter : Yons

Editor : Coi/Choiri

#mudik lebaran #Pantura Situbondo #Pospam Lebaran

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply