Selasa, November 24, 2020
Beranda EKONOMI Bupati Serahkan Klaim Asuransi Tani Padi di BPP Panggul

Bupati Serahkan Klaim Asuransi Tani Padi di BPP Panggul

REPORTERRudi Sukamto

KABAR RAKYAT – Ditengah masyarakat petani menghadapi wabah pandemi COVID 19, Bupati Trenggalek dalam kunjungannya ke Kecamatan Panggul, Bupati Trenggalek serahkan klaim Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Panggul, Rabu (5/8/2020).

Asuransi Usaha Tani Padi sendiri merupakan bentuk asuransi bagi para petani sehingga terlindungi dari resiko gagal panen.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, pada kesempatan tersebut mendengar sendiri dari petani bahwa memiliki asuransi sangat bermanfaat bagi petani. Untuk itu Bupati berharap bagi para petani, khususnya di kelompok-kelomok tani yang belum memiliki asuransi untuk bisa ikut asuransi.

“Bayangkan jika tidak ikut asuransi, kira-kira sudah rugi berapa per hektarnya? pasti banyak, nah ini per hektarnya dapat klaim ganti 6 juta,” tutur Bupati Nur Arifin.

“Minimal biaya untuk beli pupuk, mengairi sawah ada gantinya, sehingga di musim tanam berikutnya anda semua bisa berproduksi kembali,” imbuhnya.

Ditambahkan oleh Bupati Nur Arifin, asuransi tersebut tidak hanya terbatas pada pertanian sawah, tetapi juga ternak sapi maupun nelayan. Maka, menurut Bupati, petani saat ini meskipun bekerja di sektor informal, tetapi komoditasnya dapat terlindungi dengan program asuransi pertanian.

“Jadi tolong dimanfaatkan, sehingga kalau ada resiko terjadinya gagal panen bisa diajukan klaim kalau memang betul karena bencana, karena wabah, bisa diajukan klaim,” ajak Bupati.

“Sebenarnya semua tidak ingin ketika menanam terus kena bencana dan sebagainya, itu tidak ingin, tetapi minimal dengan adanya asuransi ketika terjadi hal buruk ka nada yang menanggung, ini tolong dimanfaatkan betul, sampaikan ke petani-petani yang lain,” pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca