Sunday, September 27, 2020
Home EKONOMI Bupati Trenggalek Berikan Stimulus Modal untuk 15 Ribu UKM

Bupati Trenggalek Berikan Stimulus Modal untuk 15 Ribu UKM

- Advertisement -

KABAR RAKYAT – Upaya menghidupkan perekonomian di masyarakat Bupati Trenggalek M. Nur Arifin membagikan Stimulus Modal bagi 15 ribu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah, UMKM.

Penyerahan bantuan usaha mikro disalurkan lewat desa, dan hari ini Bupati Arifin meninjau penyaluran bantuan itu di Kelurahan Sumbergedong, Kamis (10/9).

Agar sampai tujuan, Bupati Arifin sengaja berkendara dengan motor kunonya. Dia sangat berharap, bantuan stimulus ini mampu menggeliakkan perekonomian yang ada, karean UMKM mampu berproduksi kembali ditengah keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Baca: Berharap Bantuan, Ratusan Pelaku Usaha Mikro Kediri Rela Kepanasan Setor Berkas ke Kemenkop UKM RI

“UMKM ini punya kemampuan berproduksi. Kalau dipikir angkanya 400 ribu kecil, tapi bagi UMKM ini sangat bermanfaat sekali,” tuturnya.

Tadi salah satu ibu saya tanya usahanya gorengan. Kemudian saya tanya lagi modal kerjanya ternyata setiap hari Rp. 100 ribu. Artinya tambahan Rp. 400 ribu, sisa modal kerja ini bisa ditabung kebutuhan rumah tangga. Modal kerjanya bisa menggunakan dana stimulus ini.

“Kalau 100 ribu pendapatan bersih bisa didapat oleh setiap warga maka selama katakanlah 30 hari mereka berjualan bisa dapat 3 juta setiap bulan, ini kan sudah diatas UMR,” jelasnya.

Baca: Gubernur Khofifah Ajak Semua Komponen Bangkitkan UMKM Untuk Percepat Pemulihan Ekonomi di Jatim

Bupati Arifin berpesan agar ekonomi bisa tetap berjalan, tetaplah disiplin mematuhi protokol kesehatan. Jadi jangan sampai ada cluster penyebaran di sektor-sektor usaha, palagi usaha mikro.

“Bantuan ini tidak seperti bansos yang lain yang boleh untuk membeli beras atau kebutuhan yang lain lain. Stimulus ini khusus untuk mencukupi kebutuhan produksi usaha mereka,” tutup Gus Ipin.

Seorang ibu penerima manfaat Tuminem, 70 tahun warga RT. 16 Kelurahan Sumbergedong memiliki usaha dagang makanan anak-anak.

Baca: Tekan COVID-19 Polresta Banyuwangi Libatkan Tokoh Masyarakat Bagi Masker Gratis

Ia mengaku sangat senang dapat modal dari Bupati Trenggalek. Rencana uang 400 ribu yang didapat akan digunakannya untuk mengembangkan usahanya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER