Senin, Januari 18, 2021
Beranda EKONOMI Bupati Trenggalek Hadiri Rakornas Pertanian 2021 Virtual Dipimpin Presiden Jokowi

Bupati Trenggalek Hadiri Rakornas Pertanian 2021 Virtual Dipimpin Presiden Jokowi

REPORTERRudi Sukamto

KABAR RAKYAT – Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin hadir Rakornas Pembangunan Pertanian Tahun 2021 digelar vidcon dengan pemerintah pusat, dari Gedung Smart Center Pemkab, Senin (11/1).

Kepada media, Arifin menyampaikan beberapa arahan dari Presiden Joko Widodo terkait Pertanian. Maka Pemkab Trenggalek segera siapkan langkah kebijakan untuk sektor pertanian guna tingkatkan produktifitas pertanian.

“Banyak hal yang di evaluasi utamanya masih banyak import komoditas pertanian. Presiden Joko Widodo menghendaki produk pertani meningkat. Kita juga diarahkan bekerja keras menyeimbangkan keuangan negara,” ungkap Arifin.

Ditambahkan Arifin terkait pupuk subsidi senilai Rp 33 triliun pertahun nasional dan tidak ada lompatan disisi produksi menandakan ada yang salah, perlu ada evaluasi dan masih banyak yang lain.

” Terkait pupuk pertahunnya habiskan anggaran Rp 33 triliun, maka himbauan pemerintah pusat harus bisa disukseskan pada tahun ini Badan Usaha Milik Petani. Petani harus bisa memproduksi pupuk organik sendiri berkualitas baik. Sehingga kedepan lahan pertanian bisa kita sertifikasi organik. Sehinga bernilai jual lebih tinggi dari produk biasa,” lanjut Arifin.

Pemerintah juga mendukung Food Estate. Akan di coba melakukan konsolidasi dilahan, sehingga pertanian nanti dengan skala yang besar dan mekanisasi. Petani berkelompok untuk bisa pastikan bahwa lahan pertanian bisa dikerjakan lebih efektif dengan gunakan tekhnologi.

Menurut Bupati Arifin, semua komoditas yang masih import, seperti jagung kedelai terus disektor peternakan seperti sapi akan terus didiorong olehnya. “Pokoknya Pak Presiden ingin kita turun terus importnya,” tutupnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca