Bupati Trenggalek Minta Data Riil Untuk Meningkatkan Perekonomian Petani

  • Whatsapp
Pertanian TRenggalek

KabarRakyat – Dalam upayanya mendorong perekonomian petani,  Bupati Trenggalek bersama Dinas Pertanian dan Pangan melakukan audiensi bersama team HARA di Gedung Smart Center, Rabu (11/3/2020).

Bupati Trenggalek M Arifin mengatakan, yang terpenting dalam meningkatkan perekonomian petani adalah adanya data yang riil. Menurutnya, dengan data tersebut pemerintah akan mengetahui presisi luasan lahan petani.

Read More

banner 645x400

“Apakah lahan itu ditanami dan bagaimana produktifitasnya? Dari sisi petaninya sendiri, petani akan mudah untuk mendapatkan klaim asuransi kemudian mendapatkan pembiayaan secara virtual. Nanti kita akan sambungkan dengan sarana pembiayaan pertanian lewat skema Kupedes atau yang lainnya, sehingga petani bisa berproduksi, tidak bingung cari pupuk terus kemudian tidak bingung jual,” terang Arifin.

Untuk itu, lanjut Bupati Arigin, pihaknya akan terus melakukan evaluasi kerja team HARA. Jika angka-angka laporan bisa menguntungkan petani maka akan dilaksanakan secara meluas.

“Untuk meyakinkan itu, saya minta kepada HARA untuk stake holder yang lain untuk membuat demplot. Yang perlu kita pikirkan saat ini bagamana kita meningkatkan pendapatan petani di saat lahan petani itu semakin menyempit,” jelasnya.

“Lahan ini harus bisa mendapat manfaat dari pendataan secara online yang terhubung dengan stake holder mulai dari on farm sampai out farm. Dimulai dari sarana dan prasarana hingga sampai offtaker, dan efeknya kesejahteraan petani semakin meroket,” pungkas Arifin.

Related posts

banner 645x400
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *