Rabu, November 25, 2020
Beranda JATIM TRENGGALEK Cabup Arifin Ajak Petani Berkreasi Ciptakan Pupuk Sendiri

Cabup Arifin Ajak Petani Berkreasi Ciptakan Pupuk Sendiri

REPORTERRudi Sukamto

KABAR RAKYAT – Petahanan Calon Bupati Trenggalek M.  Nur Arifin, tidak kekurangan akal dalam mengatasi kondisi kelangkaan pupuk yang menimpa petani Kabupaten Trenggalek.

Bertemu perwakilan masing-masing Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) se Kecamatan Pogalan, Rabu (21/10). Paslon 02 di Pilkada ini membuat terobosan mengajak petani lebih maju dan kreatif lewat pelatihan dan pendampingan menciptakan pupuk organik.

Dikatakan Arifin, saat ini petani dihadapkan pada keadaan langka pupuk, bersamaan pandemi Covid-19. Pemerintah sudah keluarkan kartu tani untuk mengatur distribusi pupuk subsidi.

Baca : Bertemu Petani, Ipuk Fiestiandani Beber 2 Program Kembangkan Pertanian

“Menurut saya, pemakaian pupuk kimia yang berkepanjangan, akan berdampak pembengkakan biaya tinggi. Sesekali kita mencoba pupuk non kimia. Agar kerusakan ekosistem tanah karena unsur kimia berkurang,” jelas Arifin.

Cabup Arifin mengajak petani Trenggalek agar lebih kreatif menghadapi keadaan langkanya pupuk. Cara pertama, pola pertanian dirubah. Kedua, luangkan waktu untuk menciptakan pupuk sendiri.

“Kita sudah waktunya, menciptakan sebuah inovasi besar pada pola pertanian. Petani harus bisa menghasilkan makanan yang sehat karena tidak mengandung kimia,” jelas Nur Arifin.

Baca : Gubernur Khofifah Ajak Generasi Millenial Geluti Sektor Pertanian

Targetnya pertama, petani tidak terlalu tergantung kepada pupuk kimia dan yang kedua petani mempunyai pendapatan lain selain hasil panen yaitu jualan pupuk.

“Saat ini harus kita rubah pola pertanian kita dengan menciptakan inovasi baru menuju pertanian yang lebih ramah lingkungan. Saat ini banyak petani yang membutuhkan banyak pupuk kimia, karena tanah yang mereka olah sudah jenuh atau rusak,” jelas Arifin lebih lanjut.

Beberapa pakar banyak menyebutkan, kalau tanaman yang diolah secara organik akan menghasilkan makanan yang sangat sehat.

Baca : BNI Salurkan Kartu Tani di Bondowoso Dukung Bangkitnya Ekonomi Pertanian 

Jargon kampanye Paslon 02 Arifin_ Syah, adalah menciptakan tatanan baru Trenggalek Meroket. “Visi misi kami (Arifin-Syah), ‘Trenggalek Meroket’. Atinya Meroket; Meningkat Perekonomiannya, Orang-orangnya lebih kreatif dan Ekosistem yang terjaga.

“Lingkungan yang sehat, petani sehat, lingkungan menjadi bersih dari sampah. Harapan bisa berkurang pemakaian berlebih pupuk kimia dan pestisida dalam jangka panjang maka berpengaruh pada kesehatan petani, kesehatan lingkungan dan kesehatan masyarakat, tetep terjaga,” pungkas Arifin.***

EDITORSetiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca