Camat Sumberasih Terpilih Sebagai Camat Inovatif Terbaik Kabupaten Probolinggo

  • Whatsapp
Camat di Probolinggo
Camat di Probolinggo

Foto : Camat Sumberasih Ugas Irwanto, S. Sos

KABARAKYAT.ID – Diam-diam Kecamatan Sumberasih mendapat pengakuan paling berprestasi dari pemerintah kabupaten Probolinggo tentang inovasi pelayanan publik. Penilaian terbaik juga diraih Kecamatan Sumberasih, untuk sinergitas antar Forkopimka.

Kerjakeras Ugas Irwanto, S.Sos, sebagai Camat Sumberasih nampaknya berbuah manis. Semenjak menjadi Camat di Sumberasih mampu membawa perubahan cukup signifikan dalam tata kelola dan adminitrasi pemerintahan. Termasuk membangun infrastruktur layanan publik yang cepat dan smart.

Hal itu dibuktikan dengan proses pelayanan adminitrasi di kantor kecamatan yang cepat. Bahkan memiliki 7 terobosan melalui inovasi ;
1. LAPAK SMS (layanan cepak adm kec – sepuluh menit selesai)
2. Membetuk Anjungan Loket Mandiri – Jempol Mancep
3. Mempromosikan snorkling dan UKM
4. Gerakan SERIBU KENTONGAN
5. Klinik desa
6. Gerakan wajib jamban
7. Gerakan wajib belajar 12 tahun.

Menurut Ugas Irwanto, inovasi itu memang sangat dibutuhkan masyarakat khususnya menyangkut pelayanan. Gebrakan fundamental ini untuk layanan cepat, mudah dan smart merupakan harapan masyarakat.

“Sudah saatnya Kabupaten Probolinggo maju dan memberikan pelayanan terbaik. Selain memang tuntutan era milenia yang mengedepankan kecepatan dan kemudahan dimana itu hak publik untuk menikmatinya”, papar Ugas Irwanto yang memiliki banyak pengalaman di organisasi mulai ketua Karang Taruna Jawa Timur, Sekretaris KONI Kabupaten Probolinggo,Minggu (8/9/2018).

Baca juga: Gempa Lombok Bangun Kepedulian Di Polres Probolinggo

Inovasi yang telah ada di Kecamatan Sumberasih, bisa dinikmati masyarakat dan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi mikro melalui sektor UKM. Termasuk pendidikan, ketahanan pangan, adminitrasi pemeritahan, trantib dan kesra.

“Awalnya memang ribet namun, dengan kesungguhan semua target yang kita canangan bisa berjalan. Sinergitas dengan kepala Desa, Forkopimka dan Forkopimda menjadi poin dan daya dukung masyarakat menjadi modal utama”, beber pria kelahiran Situbondo ini.

Ugas Irwanto juga dinilai sukses menengahi persoalan pembebasan lahan makam umum di proyek tol Probolinggo-Pasuruan 2017 lalu. Awalnya pihak Pimpro proyek Tol Nasional ini kesulitan menghadapi penolakan warga.Berkat tangan dingin dan kemampuan komunikasi-nya dengan warga menemukan solusi dengan adanya relokasi makam tersebut.
Prestasi ini membuat dirinya dipercaya untuk memberikan pemaparan tentang Sinergitas, kinerja bidang pelayanan terpadu,bidang pemerintahan. Termasuk pembangunan,trantib dan kesra di kantor provinsi Jawa Timur di Surabaya, Senin (9/9/2018).

Reporter: Richard

Editor: Choiri

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *