Friday, October 23, 2020
Home ADVERTORIAL Cegah Kebiasaan Buang Sampah di Sungai, Pengairan Banyuwangi Pasang Vertical Gerden di...

Cegah Kebiasaan Buang Sampah di Sungai, Pengairan Banyuwangi Pasang Vertical Gerden di Jembatan

- Advertisement -

KABAR RAKYAT – Sebagai upaya mencegah pembuangan sampah dari atas jembatan sekaligus mempercantik jembatan atau perlintasan jalan dengan sungai.

Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pengairan Kabupaten Banyuwangi membuat terobosan baru dengan memasang pembatas atau barrier berupa taman vertikal (Vertical Garden) diatas jembatan.

Baca: Aktualusasi Destinasi “Banyuwangi Week End” di Agro Wisata Tamansuruh Sukses

Pelaksana tugas (Plt) Kepala DPU pengairan, Guntur Priambodo melalui Sekretaris Dinas, Reza Alfabrobi mengatakan,  setelah beberapa pekan  vertical garden terpasang di beberapa jembatan yang menjadi percontohan, kebiasaan masyarakat membuang sampah langsung ke sungai dari atas jembatan turun signifikan.

“Setelah ada pembatas berbentuk taman vertikal, kebiasaan orang membuang sampah ke sungai dari atas jembatan  turun signifikan dan cenderung tidak ada,“ ucap reza saat dikonfirmasi Kabar Rakyat, Senin (20/07/2020).

Pemasangan vertical garden tersebut,jelas Reza merupakan bagian dari kegiatan konservasi sungai, yakni sebagai barrier atau penghalang  masyarakat yang hendak membuang sampah kesungai dari atas jembatan.

Baca: DPU Pengairan Banyuwangi Bina HIPPA-GHIPPA Bisa Mandiri

“ Yang sering kita temukan, masyarakat membuang sampah yang telah dibungkus kresek atau tas plastik selanjutnya dilempar begitu saja ke sungai,“ jelasnya.

[the_ad id=”29596″]

Dengan adanya vertical garden, maka kebiasaan buruk masyarakat membuang sampah kesungaii dari atas jembatan  tidak bisa lagi dilakukan karena sudah ada penghalangnya.

Tampak dari dekat. Vertical Gerden di Jembatan terlihat lebih indah dan rapi.

Kedepan memang harus ada penambahan paranet vertical garden disepanjang jalan protokol dan jembatan yang ada di Banyuwangi.

“Kami harapkan masyarakat ikut menjaga agar pemandangan vertical garden tetap terjaga dan indah serta nyaman dipandang mata disetiap sudut kota,“ ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER