Cegah Longsor, Ribuan Pohon Ditanam di Lereng Gunung Suket

  • Whatsapp
tanam pohon

KabarRakyat – Sebanyak 6.000 bibit pohon ditanam di Lereng Gunung Suket, Dusun Mlaten, Desa Jampit, Kecamatan Ijen, tepatnya petak 91, 92, dan 99 Kawasan Perhutani KPH Bondowoso BKPH Sukosari RPH Dataran Ijen.

Penanaman ribuan pohon itu dilakukan dalam kegiatan Serangan Reboisasi, yang digelar oleh Kodim 0822, Polres Bondowoso bersama Forum Reboisasi Bondowoso , dan sejumlah pihak terkait lainnya, Minggu pagi (1/3/2020).

Read More

Adapun, ribuan tanaman campuran yang didapatkan dari sumbangan masyarakat secara sukarela diantaranya, Juwet, Kersen, Mahoni, Trembesi, Alpukat, Lamtoro, Cemara, Sengon, Pete, Manting, Sirsat, Jambu dan sebagainya.

Komandan Kodim 0822, Letkol Inf. Jadi, dikonfirmasi awak media, menerangkan, kegiatan dilakukan untuk merubah mindset masyarakat dalam menjaga alam.

Mengingat setelah kejadian banjir yang disinyalir airnya berasal dari Gunung Suket ini, ternyata, setelah dilihat di sana pun memang kondisinya harus diperbaiki.

“Kalau hanya menanam kita tidak perlu ngajak masyarakat, bisa, tapi yang paling penting adalah bagaimana masyarakat setelah itu merawat dan berusaha untuk menanam sendiri,”ungkapnya.

Ke depan pihaknya, akan memantau bersama-sama pohon-pohon yang ditanam oleh sekitar 1.500 peserta dari berbagai wilayah itu.

“Di lahan-lahan lain pun tetep kita akan perhatikan, kita sedang melakukan pembibitan rumput  vetiver yang ada di lapangan bawah. Ada sekitar sembilan ribuan mudah mudahan di dua bulan berikutnya bisa kita tanam,”ulasnya.

Sementara itu, Kapolres AKBP Erick Frendriz, menerangkan bahwa kegiatan dilaksanakan karena hilangnya fungsi penyangga kawasan hulu pada hutan di lereng Gunung Suket karena gundul dijadikan lahan bercocok tanam, yakni pertanian sayuran Kentang/Kubis.

Baca juga: Tanam Pohon Bersama Warga Sawaran, Kapolres Ajak Teriakkan Lumajang Eksotik

“Ini adalah salah satu upaya mengembalikan fungsi hutan penyangga pada kawasan hulu sehingga diharapkan kejadian serupa tidak terulang di masa yang akan datang,”pungkasnya.

Ketua PWI Kabupaten Bondowoso, Haryono, menambahkan, pihaknya sengaja turut menyumbangkan ribuan bibit pohon dalam acara tersebut. Karena, PWI Bondowoso menyadari, bahwa menjaga kelestarian alam adalah tugas bersama tak terkecuali organisasi kewartawanan.

“Ini tugas bersama, selain edukasi melalui larya jurnalistik. Kita juga ingin turut andil melakukan aksi nyata,”imbuhnya.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penandatangan nota kesepahaman masyarakat Bondowoso dalam aksi serangan reboisasi 1 Maret 2020,  oleh Kapolres Bondowoso, Dandim 0822/Bondowoso, Perhutani KPH Bondowoso, Pemkab Bondowoso dan Forum Reboisasi.

Kegiatan tersebut dihadiri, Dandim 0822/Bondowoso Letkol Inf. Jadi, Asisten 1 Pemkab Bondowoso, Manager PTPN XII Kalisat-Jampit;

Adm. Perhutani KPH Bondowoso diwakili PHBM Perhutani, Dan Kompi 3 Bataliyon B Satbrimobda Polda Jatim, Wa Danyon Inf 514/SY Raider.

Reporter : Ifa

Editor : Choiri



Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *