Cluster Gowa Sumbang Pasien Positif Covid-19 Bondowoso

  • Whatsapp
ilustrasi covid-19 ft PIXABAY
ilustrasi covid-19 ft PIXABAY

KABAR RAKYAT – Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bondowoso bertambah 3 orang. Jika dijumlahkan, menurut data Dinas Kesehatan setempat menjadi 13 orang positif, Minggu, (31/5/2020).

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bondowoso, Dr. Moh. Imron menjelaskan, penambahan 3 kasus tersebut, 2 diantaranya adalah warga Kecamatan Sukosari dan Pakem. Mereka merupakan jamaah tabligh di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Read More

Sementara, 1 pasien dari kontak erat seorang perawat asal Prajekan yang bertugas di Rumah Sakit Situbondo.

Swab dari perawat Situbondo hasilnya belum keluar Swabnya. Orang tuanya yang positif asal Petung, Pakem juga belum keluar.

“Bisa jadi yang klaster Gowa ini akan muncul positifnya dalam waktu satu dua hari ini,” jelasnya dikonfirmasi via ponsel media, Minggu, (31/5/2020).

Menurutnya, untuk pasien positif dari klaster Gowa sebenarnya mereka sudah pulang sejak tanggal 25-26 Maret 2020. Namun sejak kedatangannya belum dilakukan rapid test karena waktu itu alatnya belum tersedia.

Baca: Finalkan  Pedoman Transisi Malang Raya Menuju New Normal

“Selama masa pantau sudah melakukan isolasi mandiri 14 hari. Namun setelah itu, mereka normatif. Kemana-mana kita nggak bisa memastikan dan melacak setiap harinya,” katanya.

Setelah masa isolasi mandiri 14 hari, dikhawatirkan yang bersangkutan melakukan kontak dengan jamaah lainnya yang berasal dari klaster yang sama.

Bondowoso data Covi-19

Imron menjelaskan bahwa saat ini ketiga pasien tersebut dalam kondisi sehat dan tanpa gejala. Mereka sedang dalam proses perawatan di rumah sakit. Terhadap keluarga, juga sudah dilakukan rapid test oleh petugas kesehatan.

Baca: Pasien Positif Covid-19 di Probolinggo Sempat Kabur Dijemput Petugas

“Bisa jadi di RSUD atau Klinik Paru tapi ruangannya dibedakan di lantai dua. Yang penting ngumpul positif dengan positif. Tidak dicampur dengan yang reaktif,” pungkasnya.

Dengan bertambahnya tiga pasien tersebut, maka sebaran zona merah di Bondowoso tersebar di tujuh Kecamatan. Yakni Kelurahan Nangkaan Kecamatan Bondowoso kota, Kecamatan Wringin, Kecamatan Maesan, Kecamatan Tegalampel, Kecamatan Sukosari, Kecamatan Pakem dan Kecamatan Prajekan.***

Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *