Crime Indeks Banyuwangi Tahun 2020 Menurun, Trend Ungkap Kasus Meningkat

  • Whatsapp

Kapolresta Banyuwangi rilis ungkap kasus sepanjang tahun 2020, Selasa (29/12/2020)

KABAR RAKYAT – Upaya penegakan hukum di wilayah Polresta Banyuwangi pada tahun 2020 cenderung mengalami peningkatan. Dari jumlah laporan kasus yang ditangani 82 persen perkara selesai. Bahkan sejumlah kasus menonjol seperti kasus pembunuhan yang melibatkan warga asing tuntas hingga pengadilan.

Bacaan Lainnya

Crime Indeks penanganan perkara selama tahun 2020 yang ditangani polresta Banyuwangi secara umum menunjukan peningkatan jumlah kasus yang berhasil diselesaikan. Namun tidak berarti semua laporan tuntas masih banyak tanggungan perkara hingga hari ini masih dalam proses.

Data ini bisa diketahui dari crime Indeks pada tahun 2019 jumlah laporan masuk 613 kasus selesai 372 kasus. Sementara jumlah laporan kasus di tahun 2020 laporan masuk 561kasus selesai 471 kasus. Dari total angka laporan kejadian kejahatan tahun 2019 dibanding laporan tahun 2020 menurun 52 kasus. Jumlah kejahatan yang ditangani Polresta Banyuwangi ada 12 jenis kejahatan, yang masing-masing memiliki modus dan karakter penanganan kasus yang berbeda.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin kepada wartawan saat gelar rilis penangan kasus mengatakan, ada progres positif dalam upaya penanganan kasus hingga selesai. Trend penurunan angka kriminalitas di wilayah hukum Banyuwangi bisa dilihat dari kasus sejak dilaporkan hingga dinyatakan selesai.

” Secara umum jumlah kasus di wilayah hukum polresta Banyuwangi mengalami penurunan. Semisal kasus pencurian dan pemberatan tahun 2020 dari 87 kasus yang ditangani 61 kasus selesai. Dibandingkan tahun sebelumnya ada 101 kasus selesai 55 kasus. Sementara kasus menonjol seperti pembunuhan dari 3 kasus tuntas selesai seluruhnya. Kasus perjudian dari jumlah 82 kasus dan tersangkanya 115 berkas selesai. Belum lagi kasus narkoba dari 153 kasus semua kasusnya 100 persen selesai,” beber Kombes.pol..Arman Asmara Syarifuddin,Selasa (29/12/2020).

Kasus kebakaran disepanjang Januari – Desember tahun 2020 nihil laporan. Kondisi ini berbeda pada tahun 2019 tercatat 3 peristiwa kebakaran.

Hanya kasus curanmor yang cukup menjadi catatan pada tahun 2020 ada 119 laporan baru 57 kasus terselesaikan. Akan tetap jumlah kasus curanmor menurun dibandingkan tahun 2019 tercatat 144 kasus yang dilaporkan.

” Ada skala prioritas dalam upaya penuntasan kasus, khususnya kasus menonjol perlu perhatian tersendiri.Ada sejumlah kasus yang memang masih proses jadi masuk kategori belum selesai. Prinsipnya bagaimana penanganan kasus dilakukan secara profesional, proporsional dan tetap mengedepankan SOP”, jelas pria asli Makasar ini yang berpengalaman menangani kasus -kasus besar selama menjalani karier di Kepolisian ini.

 

 

 

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *