Monday, September 21, 2020
Home BERITA Cyber Patrol; Tahun Politik Marak Ujaran Kebencian

Cyber Patrol; Tahun Politik Marak Ujaran Kebencian

- Advertisement -

Paur Subbag Humas Polres Lumajang, Ipda Catur Budi Bhaskara

KABARRAKYAT.ID – Masuk tahun politik, Tim Cyber Patrol Polres Lumajang memantau perkembangan grafik unggahan masyarakat di medsos (media sosial). Hasil monitoring, yang dilakukan tim cyber patrol, beberapa bulan terakhir ini, tejadi peningkatan intensitas unggahan bermuatan ujaran kebencian dengan topik politik.

Seperti diberitakan sebelumnya, Paur Subbag Humas Polres Lumajang, Ipda Catur Budi Bhaskara menjelaskan, sekarang ini lagi marak unggahan kebencian.  Apalagi mendekati tahun politik dan  topiknya tidak lepas dari seputar issue Pilpres 2019.

“Dan hasil monitoring yang dilakukan tim cyber Patrol mendapati Akun yang teridentifikasi milik warga Lumajang,” kata Ipda Catur, Rabo (12/9/2018).

Baca juga:

Ipda Catur  menjelaskan, pada 2015 lalu pimpinan Polri tertinggi (Kapolri) telah mengelurkan Surat Edaran (SE) Terkait Penanganan Ujaran Kebencian. Melalui Surat Edaran tersebut, Kepolisian di semua daerah diminta untuk terus memantau ujaran kebencian yang disampaikan lewat perbagai media sosial.

“Melalui SE tersebut, polisi di semua daerah wajib melakukan pengawasan, pendekatan, mediasi serta mencarikan solusi,” jelas Ipda Catur.

Terkait dengan salah satu warga Desa Sumber Wuluh Kecamatan Candipuro, Lumajang yang di ciduk, proses hukum terhadap ujaran kebencian. “Bukan hanya bersifat delik aduan. Permasalahan tersebut bisa menjadi delik murni, jika setelah melalui proses pendekatan dan imbauan, pelaku tetap tidak mengindahkan,” pungkasnya.

Seperti diberitakan, buntut kasus dugaan ujaran kebencian di media sosial yang menimpa warga Desa Sumber Wuluh  Kecamatan Candipuro, Lumajang, telah diciduk Tim Cyber, Polda Jatim, beberapa waktu lalu. Polres Lumajang memberi himbauan masyarakat Lumajang, agar lebih arif dalam bermedia sosial.

Reporter: Ulum

Editor: Coi/Choiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER