Dampak Pengetatan Prokes Pelabuhan Ketapang – Gilimanuk Sepi Penumpang

  • Whatsapp

Kapolresta Banyuwangi Sidak Protokol Kesehatan di Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk, Selasa (21/12/2020).
KABAR RAKYAT – Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Jawa Timur, bekerjasama dengan Polresta Banyuwangi terus memperketat arus penumpang dalam upaya percepatan pencegahan penyebaran Covid -19. Pos pelayanan publik untuk Protokol Kesehatan (prokes) dibangun di pintu masuk pelabuhan penyeberangan Ketapang oleh Satgas Covid -19 Kabupaten Banyuwangi.

Trend penurunan arus penumpang penyebarangan Ketapang – Gilimanuk terjadi pihak jasa penyeberangan ASDP Ketapang Banyuwangi, tetap melakukan antisipasi lonjakan penumpang dimasa pandemi. Salah satu menyiapkan armada kapal Veri agar tetap memberikan layanan terbaik bagi penumpang barang dan jasa.

Bacaan Lainnya

Kepala Cabang Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi, Fahmi Alweni menjelaskan, jumlah kendaraan dan penumpang penyeberangan ASDB Ketapang mengalami deviasi yang signifikan hingga kisaran 65 persen dibandingkan tahun 2019 lalu.

Kondisi ini akibat pandemi Covid -19 dan aturan pengetatan Protokol Kesehatan menuju Bali atau sebaliknya menuju Jawa.

” Di bandingkan tahun 2019 kondisinya sangat jauh. Dampak pandemi Covid 19 sangat mempengaruhi jumlah kendaraan yang menyeberang melalui ASDP Ketapang Banyuwangi. Tahun 2019 angka penumpang 31.345 pada tahun 2020 terealisasi 11.829 mengalami deviasi -62 persen. Namun begitu pelayanan jasa penyeberangan jelang liburan Natal dan tahun baru tetap mengunnakan stardart pelayanan terbaik,” terang Fahmi Alweni.

Pemberlakuan swab antigen untuk penumpang juga mempengharuhi jumlah penumpang ke Bali dan sebaliknya. ” Hari semua penumpang sudah wajib swab antigen jika ingin menyeberang ke Bali demikian sebaliknya. Pemberlakuan prokes ini bagian upaya pemerintah dalam menekan laju penyebaran virus Corona,” jelas Fahmi, Selasa (22/12/2020).

Berdasarkan pantau di pelabuhan Ketapang – Gilimanuk arus penyeberangan sangat sepi. Sudah hampir setahun suasana lengang tanpa antrian terjadi di penyeberangan Ketapang – Gilimanuk. Kondisi ini berbeda pada hari normal yang bisa dipastikan menjelang libur Natal dan Tahun baru diwarnai kemacetan kendaraan di dua pelabuhan tersebut.
Hanya kendaraan truk dan mobil box pengangkut sembako mewarnai penyeberangan Ketapang.

Kapolresta Banyuwangi Kombes.Pol.Arman Asmara Syarifuddin juga memantau langsung kondisi penyeberangan ASDP Ketapang-Gilimanuk. Kegiatan ini dalam upaya antisipasi liburan Nataru tahun 2020 dan melihat kesiapan pengamanan dan fasilitas pelabuhan Ketapang-Gilimanuk.

” Hari ini kita ingin memastikan kondisi kesiapan pelabuhan penyeberangan dalam menyambut libur Natal dan tahun baru. Termasuk penerapan Protokol Kesehatan di pelabuhan oleh Satgas Covid -19 sebelum menyeberang ke Bali begitu pun sebaliknya. Semuanya sudah berjalan sesuai petunjuk teknis khususnya bagaimana proses swab antigen sebagai syarat penumpang penyeberangan”, kata Kombes.Pol.Arman Asmara, Selasa siang(21/12/2020)

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *