Debu Vulkanik Gunung Semeru Membuat Layu Tanaman

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – Awan panas dan guguran abu dari Gunung Semeru masih dirasakan warga Desa/Kecamatan Pasrujambe Kabupaten Lumajang. Namun aktifitas warga Desa Pasrujambe tetap berjalan seperti biasanya. Juga terlihat beberapa truk muat pasir melintas dijalan desa Pasrujambe. Seperti diberitakan sebelumnya,abu yang berasal guguran lava panas disertai abu yang berasal dari Gunung Semeru itu terjadi pada pukul 03.23 wib Senin (01/12) .

Pantauan media ini di desa Pasrujambe, rumah warga yang berada di daerah aliran sungai terlihat atap rumah warga dan tanaman dipenuhi dengan abu vulkanik.

Imam (35) warga Desa Pasrujambe mengatakan, sebelumnya warga mendengar gemuruh yang cukup kuat sehingga warga berhamburan keluar rumah. Tidak lama kemudian , disusul suara letusan yang cukup kuat dibarengi kilat ditengah kepulan asap hitam. ” letusan itu terjadi menjelang subuh mas,” kata Imam.

Masih kata imam, menjelang pagi, abu vulanik terlihat dan sudah memenuhi atap rumah warga dan tanamanan yang berada tidak jauh dari bantaran aliran lahar Semeru di Desa Pasrujambe.

Sementara itu, terkait dengan kejadian itu, Muspika Pasrujambe langsung melakukan pemantauan di kawasan daerah aliran lahar Gunung Semeru dan menghimbau agar warga tidak panik.

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *