Senin, Januari 18, 2021
Beranda JATIM BANYUWANGI Dijaga Ketat Polisi, KPU Mulai Pleno Rekapitulasi Suara Pilkada Banyuwangi

Dijaga Ketat Polisi, KPU Mulai Pleno Rekapitulasi Suara Pilkada Banyuwangi

REPORTERHariyadi

KABAR RAKYAT – Rapat pleno rakapitulasi suara Pilkada Serentak tingkat kabupaten telah dimulai. Kepolisian menjaga ketat proses hasil penghitungan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi tersebut.

Rapat pleno rekapitulasi digelar di Ballroom Hotel Aston Banyuwangi, Rabu (16/12/2020). Dihadiri kelima komisioner KPU, Bawaslu, PPK se Banyuwangi, Panwascam, tim pemenangan kedua Paslon, dan Forkopimda.

Sebelum rapat pleno dibuka, Ketua KPU Banyuwangi, Dwi Anggraini Rahman menyampaikan, sesuai dengan peraturan, rekapitulasi dilakukan secara berjenjang.

Sebelumnya telah dilakukan rekapitulasi suara di tingkat kecamatan, sejak tanggal 11-13 Desember 2020 lalu.

“Dan hari ini kami memilih tanggal 16 Desember untuk melakukan rekap perolehan hasil suara tingkat kabupaten,” ucap Dwi.

Dikatakan Dwi, dari hasil rekapitulasi di tingkat kabupaten ini nantinya, yang akan disampaikan kepada seluruh masyarakat Banyuwangi.

“Hasil rekapitulasi hari ini yang nantinya akan kami sampaikan kepada seluruh masyarakat Banyuwangi dan hal ini menjadi salah satu tanggung jawab KPU ,” jelasnya.

Sementara Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin mengatakan, pihaknya telah menerjunkan personelnya untuk mengamankan pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten yang diselenggarakan KPU.

Dari pantauan di lokasi, kondisi keamanan proses rekapitulasi terkendali dan aman.

Kapolresta Banyuwangi, Kombes. Pol. Arman Asmara Syarifudin

“Ini pengamanan rekapitulasi penghitungan suara yang diselenggarakan KPU di Hotel Aston,” kata Arman, saat menghadiri rapat pleno tersebut.

Pihaknya berharap, apabila dalam penghitungan suara terjadi masalah ataupun permasalahan yang berhubungan dengan pemilihan bisa dilaporkan ke Bawaslu.

“Jika memang ada terjadi permasalahan dalam penghitungan suara dapat dicatat kemudian diberikan aduan ke Bawaslu,” jelasnya.

“Kalau tidak ada permasalahan dan semuanya ok, maka bisa langsung diumumkan hasil penghitungan suara tingkat kabupaten ini. Sehingga jalannya kegiatan pesta demokrasi berlangsung baik dan transparan,” tambahnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten dimulai dari Kecamatan Pesanggaran dan dilanjut ke kecamatan yang lain. Hingga kini pleno rekapitulasi suara masih berlangsung.*

EDITORSetiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca