Dinas Kesehatan Lampung Verifikasi Rumah Sakit Zapa Kabupaten Way Kanan

  • Whatsapp
Diskes Prov. Lampung
Tim verifikasi Dinas Kesehatan Provinsi Lampung.

KabarRakyat.ID – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung melalui Bidang Pelayan Kesehatan, melakukan pengecekan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainal Abidin Pagar Alam (Zapa) Kabupaten Way Kanan yang baru, Selasa (25/02/2020).

Kedatangan rombongan Dinkes Provinsi Lampung dipimpin Kabid Yankes, Uki Basuki dan disambut Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Way Kanan Saipul, S.Sos., M.IP, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Way Kanan, Anang Risgianto S.KM, M.Kes beserta Direktur RS Zapa dr. Burhanudin, SP.B dan jajaran.

Read More

banner 645x400

Tujuan kedatangan Tim Dinkes Provinsi Lampung untuk melakukan verifikasi Dan pengecekan terkait kesiapan RS Zapa yang baru, yang direncanakan pelayanan kesehatannya akan beroperasi pada Maret 2020.

“Sudah kita sampaikan sebelumnya, bahwa kita sedang mempersiapkan segala sesuatunya untuk pemindahan Pelayanan Kesehatan kita. Sebenarnya sudah siap untuk dioperasikan, bahkan manajemennya sudah lebih dahulu kita pindahkan. Hanya tinggal pelayanan kesehatannya yang belum pindah, karena kita masih melakukan persiapan listrik, air dan IPAL yang insya Allah pekan ini selesai,” ujar Sekdakab Way Kanan, Saipul, kepada awak media di Gedung RSUD Zapa yang baru.

Dia menambahkan, meski secara keseluruhan sudah siap, namun pemda menginginkan RSUD Zapa harus benar-benar memenuhi standar.

Oleh karena itu, sebelum dioperasikan, RSUD tersebut harus dilakukan verifikasi dan penilaian dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Ya, sebelum kita operasikan, kita kirimkan surat ke Kemenkes, agar RSUD kita dinilai, diverifikasi dan di-review terlebih dahulu. Makanya pihak Dinkes Lampung ke sini ditugaskan Kemenkes untuk melakukan verifikasi dan penilaian terhadap RSUD kita. Bagaimana kesiapannya. Jangan sampai RSUD Zapa yang baru ini menurut kita bagus, tapi ternyata tidak. Kita ingin RSUD ini benar-benar standar kualitasnya,” jelas Saipul.

Kabid Yankes Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Uki Basuki, mengatakan sebagai unsur Pembina dan Pengawas di bidang kesehatan, pihaknya telah melakukan pembinaan dan penilaian terkait pemindahan pelayanan kesehatan dari gedung RSUD Zapa yang lama ke gedung yang baru.

Menurutnya, secara keseluruhan sudah siap, hanya saja ada beberapa hal yang memang harus diperbaiki.

“Hasil penilaian kami, Alhamdulillah sudah kami sampaikan. Di sini kami hanya memantau dan melakukan pembinaan. Insya Allah secepatnya pemda akan memindahkan pelayanannya. Secara keseluruhan kesiapannya sudah bagus. Kami juga sangat mengapresiasi kerja pemda yang sudah menunjukkan kinerjanya semaksimal mungkin untuk mempersiapkan RSUD ini,” ujar Uki.

Reporter : Sarnubi

Editor : Choiri

Related posts

banner 645x400
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *