Dinas Pariwisata Bondowos Dorong Pelaku Usaha Wisata Punya TDUP

  • Whatsapp

KabarRakyat – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bondowoso, Harry Patriantono mendorong pelaku usaha pariwisata memiliki perizinan, Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP).

Sosialisasi pengurusan TDUP di Bondowoso, dilaksanakan di aula dinas tersebut, pada Rabu (4/3/2020)). Melibatkan pelaku usaha hotel, penginapan, restauran, cafe dan usaha wisata kolam renang.

Read More

Kepala Disparpora, Harry Patriantono mengatakan, bahwa sesuai regulasi Kemenpar bahwa semua usaha pariwisata harus punya TDUP.

TDUP adalah bukti tanda daftar yang wajib dimiliki oleh berbagai jenis usaha, yang berkaitan dengan sektor pariwisata. Mulai dari usaha Jasa Perjalanan Wisata, Penyediaan Akomodasi, Jasa Penyediaan Makanan dan Minuman, Jasa Pramuwisata, Penyelenggaraan Pertemuan, dan lainnya.

Data yang berhasil dihimpun, total ada 40 pelaku usaha yang dilibatkan dalam sosialisasi kali ini. Terdiri dari 19 hotel, 18 restauran dan 3 pelaku wisata kolam renang.

Menurutnya, dengan TDUP tersebut, usaha di sektor pariwisata bisa dipantau oleh Dispar, mulai jumlah dan kondisi SDM-nya. Itu merupakan dasar bagaimana Dispar mengambil tindakan.

“Misalnya kita ada kegiatan peningkatan SDM bagi pelaku usaha kuliner dan perhotelan. Itu berdasarkan data yang sudah punya TDUP,” sambungnya.

Sementara usaha yang punya TDUP di Kabupaten Bondowoso ada 19. Namun yang masuk baru ada 7 usaha, karena masih dalam proses.

Reporter : Ifa

Editor : Setiawan



Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *