Dinas Pariwisata Trenggalek Gandeng Komunitas Jeep Kembangkan Wisata Petualangan

  • Whatsapp

Ilustrasi off road jeep (ft. PIXABAYA)

KABAR RAKYAT – Dalam rangka mewujudkan wisata petualangan, Dinas Pariwisata Kabupaten Trenggalek bekerja sama dengan Komunitas Jeep Trenggalek melakukan pemetaan rute off road di Kawasan Wisata Dillem Wilis Kecamatan Bendungan, Kamis (28/1/2021).

Kepala Dinas Pariwisata Trenggalek melalui Kepala Bidang Destinasi Wisata Tony Widianto mengatakan, memang benar pihgak bersama komunitas jeep menyiapkan rute off road yang menantang dikawasan wisata petualangan di Agro Wisata Dillem Wilis.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan sekaligus aplikasi nyata dari Tiga Resolusi Bupati Arifin dalam mensukseskan wisata, yakni pengembangan 100 desa wisata, pengembangan wisata petualangan, dan ekowisata atau ecotourism,” jelas Tony.

Dilem Wilis salah satu agrowisata yang berbukit dan kini menjadi destinasi wisata baru di kabupaten Trenggalek.

Nama agrowisata Dilem Wilis berasal dari nama pemilik tempat tersebut, yakni Meneer Van Dilem dan letak nya di Selingkar Wilis.

Pengunjung masih bisa merasakan sekelumit sisa aroma kopi masa lalu dari bangunan-bangunan tua yang masih kokoh berdiri. Juga bangunan gudang kopi yang tampak sudah terenovasi.

Saat ini, bangunan pabrik pengelolaan kopi di lokasi ini sudah tak utuh lagi. Tapi, pabrik tersebut masih berfungsi hingga saat ini.

“Lima puluh persen kawasan di Trenggalek itu merupakan kawasan hutan, kemudian tujuh puluh persennya berupa bukit dan pegunungan. Maka dari itu wisata petualangan adalah salah satu alternatif wisata yang layak dan cocok untuk ditawarkan,” jelasnya.

Masih menurut Tony, dirinya sengaja menggarap Kawasan Dillem Wilis karena dari sisi wilayah merupakan bagian dari kawasan strategis Lingkar Wilis yang telah diamanatkan dalam Perpres 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Gerbangkertosusila, BTS, Selingkar Wilis, dan Lintas Selatan.

“Harapan kami nanti teman-teman komunitas Jeep ini bisa menciptakan sebuah atraksi wisata dalam bentuk wisata petualangan tour mengelilingi Dillem Wilis dengan menggunakan kendaraan Jeep,” pungkasnya.***

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *