Selasa, November 24, 2020
Beranda JATIM BANYUWANGI Dinas Sosial Pastikan Bansos Pemerintah Optimal

Dinas Sosial Pastikan Bansos Pemerintah Optimal

REPORTERFendi

KABAR RAKYAT – Program Bansos pemerintah untuk masyarakat dipastikan berjalan optimal. Keterangan Plt. Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan KB, Banyuwangi Luqman Hakim dalam pernyataan kepada kabarrakyat. Selasa, (3/11/2020).

Lukman menegaskan, berkaitan dengan permasalahan yang terjadi di Desa Songgon, tentang data-data nama warga penerima bantuan yang tidak tepat sasaran, itu merupakan kewenangan dari Dinas Sosial.

“Kalau untuk bantuan yang tidak tepat sasaran, itu nanti ke kita, jadi kita yang akan menyelesaikan” tandas Lukman Hakim melalui via telfon.

Sementara itu, Kabid Jaminan dan Sosial Bambang Sungkono membeberkan dasar dari pihak Dinsos untuk memvalidasi nama-nama warga penerima bantuan yang kerap terjadi ketidak tepatan sasaran, adalah dari Musdes (Musyawarah Desa) yang akan diteruskan oleh Dinsos kepada Kementrian.

“Sebenarnya kalau untuk DTKS itu bisa diganti, misalnya ada warga miskin yang belum tercantum namanya itu bisa dimasukan ke form usulan, antara form usulan dan form DTKS ini berbeda. Kemudian nama yang sudah tercantum di DTKS ini tadi, bisa dilakukan penambahan melalui form usulan baru tersebut. Dan itu dasarnya dari musdes, yang nantinya akan kita usulkan ke kementrian.” Jelas Kabid Jamsos tersebut

Lebih lanjut Bambang Sungkono juga mengatakan jika untuk proses pengajuan usulan nama-nama yang belum masuk ke DTKS tersebut, baru bisa terverivikasi dalam waktu kurang lebih selama enam bulan.

“Jadi yang paling berhak menentukan dan merubah data itu dari Kementrian, kita hanya mengusulkan.” Imbuhnya.

Sedangkan Korda Dinsos Eli Sulistiyorini menambahkan, jika saat ini juga sudah ada aplikasi perbaikan data yang ada di setiap Desa.

“Untuk ketidak tepatan sasaran bantuan kepada warga, itu saat ini sudah ada aplikasinya, jadi sekarang sedang melakukan proses perbaikan. Dan sebenarnya sudah bisa diperbaiki di masing-masing Desa.” Kata Eli Sulistiyorini.

EDITORSetiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca