Dirjen Linjamsos Menghendaki Rekontruksi Rumah Korban Banjir

91 views

Kunjungan Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Republik Indonesia di Banyuwangi

KABARRAKYAT.ID – Direktur Jendral Perlindungan dan Jaminan Sosial (Dirjen Linjamsos) Republik Indonesia menghendaki adanya rekontruksi rumah warga terdampak banjir di Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi

Hal itu disampaikan saat beliau berkunjung ke lokasi banjir, dan berdialog dengan masyarakat langsung, setelah sampai di lokasi, terlihat banyak rumah rumah warga yang mengalami kerusakan dengan kategori rusak berat maupun rusak ringan

Dirjen Linjamsos, Harry Hikmat dengan didampingi Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Banyuwangi, Peni Handayani beserta jajarannya menijau langsung ke beberapa rumah warga yang terdampak banjir di Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi.

Menurut data yang diterima KABARRAKYAT.ID rumah rumah warga yang ada di 4 Dusun tersebut meliputi; Dusun Karangasem, Bangunrejo, Garit, dan Wonorekso berjumlah 428 rumah warga yang terdampak banjir

Harry Hikmat mengatakan, terkait kerusakan rumah tentunya harus ada rekontruksi rumah. Terlihat dalam kategori rusak berat ini telah diapresiasi oleh Menteri BUMN, Rini Soemarno yang kemarin pada Minggu (01/07/2018) meninjau langsung korban banjir dan ia juga berkomitmen dengan Mentri BUMN untuk membangun kembali rumah yang rusak.

Baca juga : Dirjen Linjamsos: Tinjau Banjir Alasmalang2018

“Semua itu harus ada pendataan yang lengkap dan akurat, serta perhitungan secara detail agar segera disampaikan. Supaya warga cepat bisa membangun kembali,” papar Harry Hikmat, pada Senin (02/07/2018)

Kemudian untuk rekontruksi perbaikan rumah yang dalam kategori rusak ringan bisa di masukan dalam APBD dan APBN dalam dukungan bahan bahan rumah senilai Rp. 15 juta per rumah dan bisa disalurkan untuk keperluan memberbaiki rumah yang dindingnya jebol, atapnya runtuh, dan tinggal lantai.

“Tentunya kesiapan data cepat diterima dan tim dari pusat bisa melakukan verifikasi dan validasi data kerusakan rumah warga akibat banjir untuk selanjutnya segera dilakukan penetapan,” tambahnya.

Reporter : Rohman

Editor : coi/choiri

#Banjir Alasmalang #BPBD Banyuwangi #dirjen linjamsos

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply