Disayangkan! Tradisi Pencak Sumping Tak Masuk B-Fest

144 views
Pencak Sumping (3)

Tradisi Pencak Sumping digunakan untuk ritual bersih desa Tamansuruh Kecamatan Glagah, Banyuwangi.

KabarRakyat.ID – Tradisi budaya Pencak Silat atau Pencak Sumping, belum masuk Banyuwangi Festival (B-Fest) Pemkab Banyuwangi. Meski disayangkan, namun pegiat seni beladiri asli Indonesia ini berharap tahun berikutnya ada perhatian pemerintah.

Hal itu diungkapkan Rayis Ketua Panitia Bersih Desa Tamansuruh, mengucapkan penghormatan dan rasa terima kasih kepada undangan yang hadir khususnya pada perkumpulan pencak silat dari luar wilayah desa Tamansuruh.

“Saya mohon maaf pada masyarakat. Karena untuk ritual adat Pencak Sumping tahun ini tidak masuk dalam agenda kegiatan festival Kabupaten Banyuwangi,” kata Muhyi.

Padahal, kata Rayis, acara ritual adat pencak sumping ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun dalam rangka bersih desa Tamansuruh Kecamatan  Glagah.

Kegiatan pertunjukan, hanya menampilkan jurus-jurus dari masing masing perkumpulan pencak silat yang hadir diiringi musik tradisional.

“Tidak ada adu fisik dalam kegiatan pencak sumping,” jelasnya.

Pencak Sumping (2)

Hadiri dalam acara pencak sumping, Camat Glagah Astorik S. Sos bersama Ketua Penggerak PKK Kecamatan Glagah, Pj. Kades Tamansuruh M. Farid Irwan, SH, l Sekdes Tamansuruh M. Adrian, Bhabinkamtibmas Brigadir Anzis Wirataman.

Sekedar tahu, tradisi Pencak Sumping, selalu digunakan untuk agenda budaya bersih desa warga Desa Tamansuruh Kecamatan Glagah yang digelar pada, Minggu (11/8/2019), Jam 13:00 wib.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Glagah Astorik S. Sos, Pj. Kades Tamansuruh M. Farid Irwan, SH, l Sekdes Tamansuruh M. Adrian, Bhabinkamtibmas Brigadir Anzis Wirataman.

Ketua Pokdarwis Tamansuruh  juga Ketua Panitia Pencak Sumping Rayis. Ada juga perkumpulan Pencak Silat Jibagor, Dusun  Mondoluko Desa  Tamansuruh Kecamatan  Glagah dipimpin H. Husaini, dan Gagak Ludro Dusun Krajan Desa Tamansuruh Kecamatan  Glagah dipimpin Soman serta Garuda Sakti Dusun  Dukuh Rupi Desa  Grogol Kecamatan Giri Samsi.

Data absen yang hadir dalam acara itu, perkumpulan pencak silat yang hadir sebanyak 40 orang dengan mayoritas adalah anak-anak dan remaja.

Kesempatan itu, Camat Glagah Astorik  S. Sos, menjelaskan sebenarnya pencak silat merupakan seni beladiri asli Indonesia yang terdapat unsur budaya didalamnya. Antara lain unsur olahraga, Kesenian, Beladiri,  pendidikan mental, Kerohanian dan Persatuan dan Persaudaraan.

“Kami menghimbau, kegiatan seni beladiri ini harus digunakan untuk kegiatan yang positif. Jangan sampai digunakan untuk kekerasan yang dapat memecah belah persatuan,” pungkasnya.

Reporter: Jaenudin

Editor: Choiri

Banner PDI







Loading...

#bela diri #pencak silat #pencak sumping

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply