Selasa, November 24, 2020
Beranda JATIM BANYUWANGI Disbudpar Hadirkan Instruktur Diving Bersertifikat SSI

Disbudpar Hadirkan Instruktur Diving Bersertifikat SSI

REPORTERFendi/*

KABAR RAKYAT – Dalam meningkatkan keamanan dan keselamatan di kawasan destinasi wisata perairan, Pemerintah Daerah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi mengadakan kegiatan pelatihan pemandu wisata selam.

Serangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari yang dimulai pada tanggal 10 -12 November 2020 ini, dibuka di Hotel Ketapang Indah dan akan berakhir di Bansring Under Water Banyuwangi.

Sebagaimana yang dikatakan oleh Kasi Pengelolaan dan Pengembangan Destinasi Wisata Disbudpar Iswanto mengatakan, dengan jumlah sekitar 39 destinasi wisata yang ada di Banyuwangi, merupakan kawasan destinasi yang berada di wilayah hamparan pantai.

Melalui kebijakan pemerintah setempat inilah, pelatihan pengamanan dan keselamatan dikawasan perairan atau pelatihan pemandu wisata selam kepada Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) yang ada di Banyuwangi diadakan.

Baca :

Menurut Iswanto pelatihan diving tersebut sangat perlu untuk diadakan, karena bertujuan sebagai pengamanan apabila terjadi kecelakaan di kawasan perairan.

“Jadi pelatihan ini diadakan sebagai pengamanan untuk seluruh destinasi wisata yang ada di Banyuwangi, khususnya yang berkaitan dengan perairan, misalnya bisa di laut, kolam renang, atau pemandian alam” tutur Iswanto. Rabu, (11/11/2020).

Sementara itu, Instruktur diving Busairi mengatakan hari ini merupakan planing pelatihan dikawasan terbuka, yakni di air laut dengan jumlah peserta 40 orang.

“Untuk hari ini kita melakukan kegiatan pelatihan diving dengan beberapa planing, kita melakukannya dengan cara bergantian dari jumlah 40 peserta, kita bagi jadi dua grup, karena kondisi lautnya juga sempit dan tidak memungkinkan untuk kita terjunkan 40 orang secara bersamaan” kata Busairi

Sedangkan Kasi Peningkatan dan Pengembangan Sumber Daya Destinasi Wisata Endang juga mengatakan, jika pelatihan pemandu wisata selam ini di pandu oleh instruktur yang bersertifikat Scuba School International (SSI).

“Pelatihan ini akan berakhir besok dengan penutupan, pukul 12.00 WIB di Bansring Under Water, untuk pelatihan ini kita juga menggunakan Instruktur yang bersertifikat SSI.” Jelas Endang.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca