Dishub Jawa Timur Terapkan Pendaftaran Online Mudik Gratis Lebaran 2019

595 views
Mudi Lebaran 2019 (2)

Foto : Rapar Koordinasi pihak terkait, melibatkan Dinas Perhubungan Jawa Timur,Perhubungan Kabupaten Situbondo,Kesyahbandaran Kalbut, dan pihak BMKG, Perak, serta PGAK Otoritas Pelabuhan Kabupaten Sumenep, Madura. (Yons)

KABARRAKYAT.ID – Dinas Perhubungan atau Dishub Provinsi Jawa Timur terapkan pendaftaran tiket online untuk mudik gratis lebaran 2019, dari Pelabuhan Situbondo tujuan pelabuhan kepulauan Madura.

Semua penumpang yang akan menggunakan layanan gratis pulang pergi (PP), dari pelabuhan jangkar, ke sejumlah pelabuhan di Madura, juga sebaliknya, saat arus mudik dan bali lebaran. Harus mendaftarkan secara online, dan tiketnya akan ditukarkan, dengan tiket kapal penumpang, yang melayani mudik gratis, yaitu menggunakan kapal Perintis.

Dan, tahun ini, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, menggunakan tiket sistem on line, yang dapat dipesan oleh penumpang menggunakan telephin pintarnya, dengan mendownload, aplikasinya.

Rapar Koordinasi pihak terkait, melibatkan Dinas Perhubungan Jawa Timur,Perhubungan Kabupaten Situbondo,Kesyahbandaran Kalbut, dan pihak BMKG, Perak, serta PGAK Otoritas Pelabuhan Kabupaten Sumenep, Madura, menyepakati hal itu.

Nanik Rosnanik, Kasi Angkutan Laut Dan Keselamatan Pelayan dari Dinas Perhubungan, Jawa Timur, tiket mudik gratis didapat dengan cara online.

Foto: Suasana Koordinasi pihak terkait, melibatkan Dinas Perhubungan Jawa Timur,Perhubungan Kabupaten Situbondo, Kesyahbandaran Kalbut, dan pihak BMKG, Perak, serta PGAK Otoritas Pelabuhan Kabupaten Sumenep, Madura. (Yons)

“Tahun ini kita terapkan. Penumpang hanya cukup menggunakan android dengan mendownload aplikasi, yang telah disediakan. Cara online ini akan diisosialisasikan melalu media masa, dan spanduk-spanduk, juga melalui tokoh-tokoh pemuda, madura yang ada di perantauan, seperti Bali dan Lombok,” kata Nanik Rosnanik pada wartawan, Minggu (7/4/2019).

Baca juga:

Dan, kita brharap, masyarakat di kepulauan yang merantau di Bali, cukup mendaftarkan berapa penumpang dalam satu keluarganya, dan mengisi tujuan keberangkatan, nanti akan mendapatkan kode booking keberangkatan.

Dan jika membatalkan, karena akan berangkat merubah jadwal keberankaatnya, dapat dilakukan pembatalan, dan mengisi pada kolom pembatalan, serta mengurus ulang, tanggal yang dikehendaki. “Nantinya akan mendapatkan nomor dan kode keberangkatan, dapat ditunjukan pada petugas loket, dipelabuhan keberangkatan,” ungkapnya.

Sementara untuk angkutan mudik gratis, mengunakan kapal cepat, penumpang mengeluh karena kecilnya kapal, dan kapasitras angkut penumpang hanya 180 penumpang.

Setidaknya kapasitas 400 penumpang sekali jalan, dapat mengurangi antrian penumpang di pelabuhan Jangkat yang dapat mengurai keterlantaran penumpang yang bermalam hingga lima hari untuk menunggu keberangkatan.

Reporter: Yons

Editor; Choiri

#daftar tiket online #dinas perhubungan provinsi jawa timur #Madura #mudik gratis #situbondo

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply