Friday, October 30, 2020
Home JATIM BONDOWOSO Diskoperindag Bondowoso Sosialisasi Manajemen Industri 4.0 pada IKM

Diskoperindag Bondowoso Sosialisasi Manajemen Industri 4.0 pada IKM

REPORTERIfa Bahsa
- Advertisement -

KABAR RAKYAT – Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Bondowoso, gencar melaksanakan pelatihan Industri Kecil Menengah (IKM) binaannya dalam menghadapi industrial 4.0. Dimana Produk IKM akan memiliki banyak pesaing.

Kegiatan tersebut dilakukan dengan harapan, agar para pelaku IKM memiliki keunggulan dan daya saing baik meliputi inovasi produk maupun peningkatan kualitas produk.

Sekretaris Diskoperindag Dadan Kurniawan,  ST. MM mengatakan, bahwa kegiatan pelatihan IKM agenda pemerintah dalam rangka meningkatkan daya saing dan kemandirian usaha pelaku IKM pangan di Kabupaten Bondowoso.

Menurutnya, diseluruh dunia kesadaran dalam hal keamanan pangan semakin meningkat, keamanan pangan semakin penting dan vital perannya dalam perdagangan dunia.

Melalui kegiatan sosialisasi, Disperindag berharap, para pelaku IKM dapat tambahan pengetahuan dan wawasan dalam hal peraturan tentang pangan dan pedoman pemberian SPP-IRT (Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga).

“Higienitas sanitasi pengelolaan pangan, bahan tambahan pangan yang memenuhi syarat,” urainya.

Kasi Industri Agro dan Hasil Hutan Nur Cahyaningrum STP menambahkan, para peserta dikenalkan tentang perijinan berbasis online yang memiliki keunggulan lebih mudah.

Adapun yang lebih penting kata dia, tentang kesadaran pelaku usaha akan legalitas usaha sangat diperlukan untuk melindungi produk yang mereka hasilkan.

“Diharapkan produk olahan pangan IKM Bondowoso bisa menjadi produk yang berkualitas dan mempunyai nilai jual tinggi,” tandasnya.

Materi sosialisasi yang diberikan kepada pelaku IKM diantaranya, Peraturan Tentang Pangan dan Pedoman Pemberian SPP-IRT (ijin edar pangan), Mekanisme Pengajuan Perijinan Untuk Usaha, Pemasaran Secara Online dan Manajemen IKM serta praktek pembuatan Scootel Tempe dan Dessert Box Tape.

Selain itu, kegiatan tersebut telah terselenggara pada tanggal 25 hingga 26 Agustus 2020, di Aula Diskoperindag. Dengan menghadirkan 60 perajin IKM Pangan se Kabupaten Bondowoso.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca