Thursday, October 22, 2020
Home JATIM BONDOWOSO Diskoperindag Latih IKM Sambut Bondowoso Ijen Geopark

Diskoperindag Latih IKM Sambut Bondowoso Ijen Geopark

REPORTERIfa Bahsa
- Advertisement -

KABAR RAKYAT – Pemkab Bondowoso melalui Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan memberi pelatihan ibu-ibu warga Desa Sempol, Kecamatan Ijen menjadi tenaga terampil produksi olahan pangan lokal menyambut Bondowoso Ijen Geopark, Rabu (30/9).

“Pelatihan IKM ini guna mendukung pengembangan produk di kawasan Ijen Geopark,” ujar Sekdin Koperindag Bondowoso, Dadan Kurniawan ST MM.

Dalam rangka menuju Bondowoso Ijen Geopark, maka perlu adanya inovasi produk unggulan lokal. Karena dampak adanya Ijen Geopark sangat luas.

Ijen Geopark sebuah kawasan yang memiliki unsur geologi, dimana peran masyarakat sekitar untuk melindungi dan meningkatkan fungsi warisan alam. Termasuk nilai arkeologi ekologi dan budaya didalamnya.

Kabupaten Bondowoso bakal mendapat penghargaan sebagai kawasan Ijen Geopark dari UNESCO, akan berdampak pada pembangunan ekonomi lokal dan berkembangnya unit baru koperasi.

“Produk olahan pangan dikemas semenarik mungkin, bahkan bisa menjadi oleh-oleh wisatawan yang datang ke Kawah Ijen,” jelasnya.

Hal sama disampaikan Kasi Industri Agro dan Hasil Hutan Diskoperindag, Nur Cahyaningrum, pelatihan IKM di Kecamatan Ijen untuk percepatan Bondowoso menuju Ijen Geopark.

Tugas Diskoperindag menyiapkan SDM dan mengajarkan membuat produk unggulan mulai kreatifitas design kemasan hingga label produknya harus menarik. Jadi saat Bondowoso menjadi kawasan Ijen Geopark, IKM tidak kaget, siap dengan Geoproduknya, pungkas Nur Cahyaningrum.

Pelatihan IKM selama dua hari, 28-29 September 2020, diajarkan praktek membuat jajan brownies kopi, selai kopi, vanilla moka fresh dan coffee berry.

Beberapa materi pelatihan : Geoproduk dalam pengembangan Ijen Geopark, Potensi alam dan SDM di kawasan Ijen, dan Wirausaha koperasi dan menjadi wirausaha sukses.***

EDITORSetiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER