Dongkrak Ekonomi UKM, Pariwisata Kabupaten Blitar Kenalkan Motif Batik Cakra Palah

  • Whatsapp
Sosialisai Batik Blitar
Sosialisasi Kajian Motif Batik Khas Blitar di Gedung Graha Bhakti Budaya, Kantor Dinas Parbudpora, pada Jum'at (06/03) sore

KabarRakyat – Guna mendongkrak ekonomi Usaha Kecil Menengah (UKM) Batik. Pemerintah Kabupaten Blitar lewat Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) mengenalkan motif Batik Cakra Palah.

Kegiatan sosialisasi itu bertema Kajian Motif Batik Khas Blitar, dilaksanakan di Gedung Graha Bhakti Budaya, kemarin, Jum’at (06/03) sore.

Read More

banner 645x400

Dalam agenda itu, juga dihadiri Tim Ahli Pusat Kajian Pengembangan Citra Kawasan dan Industri Kreatif ISI Surakarta, Jati Purnomo sebagai pemateri.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kabupaten Blitar Ninik Rijanto menilai sejauh ini motif batik di wilayahnya belum memiliki ciri khas tersendiri seperti daerah lain tetapi masih banyak corak.

“Memang sebelumnya kita sudah melakukan beberapa kajian lewat forum diskusi bersama para pembatik Blitar dan hasilnya telah disepakati bahwa motif batik Cakra Palah sebagai motif batik khas Kabupaten Blitar”. Ungkap Ninik Rijanto

Menurut Ninik Rijanto, setelah adanya kesepakatan bersama mengenai penentuan motif batik khas Kabupaten Blitar bisa menjadikan UKM setempat lebih bergairah dalam mengembangkan potensi lokal.

Sementara itu secara terpisah, Tim Ahli Pusat Kajian Pengembangan Citra Kawasan dan Industri Kreatif ISI Surakarta, Jati Purnomo menjelaskan motif batik Cakra Palah Blitar merupakan kolaborasi antara relief yang berbentuk medali dari Candi Penataran (Palah) dengan Surya Majapahit.

” Motif batik yang di kolaborasikan dengan bentuk relief dari candi penataran ini di harapkan, mampu menjadi Icon batik khas asal blitar,” tandasnya.

Reporter: Arif/Rik

Editor: Choiri

Related posts

banner 645x400
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *